Tips Sehat

Hah??! Benarkah Darah Kambing Bisa Untuk Obat Cedera

By

on

Saat ini banyak ditemukan pengobatan alternatif dengan berbagai cara yang tentunya sangat menguntungkan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan kesembuhan dalam pengobatan sakit yang dideritanya. Namun ada pengobatan cedera yang sering dialami oleh atlit karena ligamen atau sebagainya dengan menggunakan darah kambing. Tentunya hal ini sangat mudah untuk didapatkan.

Seorang pemain bola dari klub St Johnstone Skotlandia, Peter MacDonald menghabiskan musim panasnya ditahun 2009 dengan melakukan terapi suntik darah kambing untuk mengobati cedera hamstring (cedera otot bagian belakang paha).

Atlet sepak bola yang berada di posisi penyerang ini yakin semua suntikan darah kambing yang diterimanya bisa menyelamatkan karirnya sebagai pemin sepak bola.

Perwatan ini mungkin terdengar seperti voodoo karena memasukkan darah binatang ke dalam tubuh. Tapi tenyata bukan hanya MacDonald saja yang pernah menjalani perawatan ini, karena beberapa atlet sepakbola lain diketahui pernah melakukannya yaitu Michael Owen, Jurgen Klinsmanndan Arjen Robben.

Perawatan ini diprakarsai oleh seorang dokter Jerman Wilhelm Muller-Wolfhart, yaitu seorang ahli dunia dalam mengobati masalah hamstring yang bekerja di Munich dan telah membantu bebrapa nama olahragawan hingga kembali bugar sepenuhnya.

MacDonald telah mengalami masalah jangka panjang dengan hamstringnya. Frustasi inilah yang membuatnya beralih untuk memilih perawatan Muller-Wolfhart dengan keajaiban darah kambing. Pengobatn ini bisa membantu otot sembuh lebih cepat dan bisa kembali digunakan.

“Klub mengirim saya untuk mendaptkan perwatan terbaik dengan dokter Muller-Wolfhart, dokter mengatakan hamstring saya terlalu ketat dan suntikan darah kambing yang diberikan bisa melonggarkannya dengan baik,” ujar MacDonald, seperti dikutip dari Dailyrecord.co.uk.

MacDonald mengungkapkan seminggu setelah perawatan ia sudah bisa memulai latihan. Ia pun mendapatkan fisioterapi dan melakukan banyak peregangan selama menjalani masa istirahat. Selain suntikan darah binatang, dokter untuk tim nasional Jerman ini mengklaim bahwa ekstrak dari jambul ayam atau yang disebut Hylart bisa membantu melicinkan cedera lutut dan mengurangi rasa sakit.

Komentar