Engineering

Fungsi Dan Prinsip Kerja Relay Dalam Rangkaian Listrik

on

Fungsi dan prinsip kerja relay. Fungsi relay dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam bentuk aplikasinya, seperti relay untuk klakson mobil, lampu utama kendaraan, ECU, fuel pump, wiper, starter, fan radiator, system AC, alarm, lampu kabut, power window, central lock pada mobil, dan masih banyak penerapan lainnya. 
Relay pada prinsipnya menggunakan induksi elektromagnetik dalam kerjanya. Kontaktor dalam relay merupakan medal elektromagnetik yang akan bekerja jika relay tersebut dialiri listrik, ketika kapasitas yang bisa ditampung relay tersebut terlampaui maka relay itu akan memutus atau menyambungkan arus listrik. Relay bisa disebut juga sebagai saklar elektronik yang dapat terbuka dan tertutup sendiri sebagai control dari suatu rangkaian.
Sebuah relay tersusun dari amarture atau tuas yang bisa naik turun akibat medan elektromagnetik, spring sebagai pegas untuk menarik tuas ketika sifat elektromagnetiknya hilang, shading coil sebagai pengaman arus listrik dari PLN, NC contact kontaktor yang awalnya tertutup, NO contact sebuah kontaktor yang awalnya terbuka, serta electromagnet yang merupakan kabel lilitan sebagai pembangkit medan magnet. 
Berdasar prinsip kerjanya relay baru dapat bekerja jika medan magnet yang digunakan untuk menggerakan saklar berinduksi. Saat kumparan diberi tegangan sesuai dengan tegangan kerja relay maka akan timbul medan electromagnet karena arus listrik mengalir melewati relay tersebut. Karena sifat electromagnet tersebut maka akan menarik saklar dan kontak akan terputus jika arus listrik hilang.
Seringkali relay dipasang pada system beban yang berat, klakson yang kuat maupun lampu yang terang guna menghindari terjadinya drop voltase. Sebenarnya bisa saja komponen tersebut langsung dihubungkan dengan saklar yang ada didalam ruang kemudi namun apa bila itu dilakukan maka rangkaian akan menjadi terlalu panjang dan ini membutuhkan tegangan yang cukup besar sehingga akan menimbulkan voltage drop karena power dalam aki terbatas. 
Dengan menambahkan relay pada obyek  atau memperpendek jalur listrik tersebut maka kita menghindari terjadinya voltage drop. Nah itulah tadi dijelaskan betapa fungsi relay sangat membantu dalam kehidupan manusia karena manusia sangat tergantung akan adanya listrik.

Incoming search terms:

Komentar