Teknologi

Fitur Canggih “Smart Contact Lens” Produk Paten Terbaru Google

on

Setelah booming dengan kacamata canggih “google glass”, saat ini google juga telah mempatenkan hak miliknya atas kontak lensa pintar yang disebut-sebut memiliki beberapa fitur canggih yang dapat bermanfaat bagi tuna netra.
Hal ini tentu saja membuat banyak media yang memberitakan akan hal ini. Hal semacam ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat dibutuhkan untuk seseorang yang memiliki kekurangan dalam pengelihatan mereka. Meskipun beberapa sumber berasumsi dengan argumen yang kurang jelas mengatakan bagaimana cara kerja kontak lens tersebut.
Namun pematenan penemuan tersebut merupakan sebuah langkah tegas yang di ambil oleh perusahan raksasa dunia ini dalam mengambil sikap. Tentu saja hal ini bukan sebuah permainan belaka yang hanya ingin mencari sensasi belaka seperti halnya dalam dunia politik yang saat ini makin berkembang dengan isu-isu yang hanya ingin digunakan untuk mencari popularitas di maraknya media sosial maupun berita online lainnya.
Ternyata selain mampu membedakan sudut pandang yang dapat di kelola oleh micro prosesor yang tertanam di dalam kontak lens tersebut sebagai sensor yang mampu membedakan sudut arah seperti halnya sebuah persimpangan, sehingga dapat di manfaatkan oleh tuna netra, ternyata kontak lens ini juga dapat mengukur kadar glukosa seseorang.
Keseriusan google sepertinya memang menunjukkan sedikit bukti bahwa mereka memang serius mengembangkan produk ini, seperti kata Google dalam sebuah media informasi online bahwa’ “…kami sedang mejelajahi pengintegrasian Lampu LED yang sangat kecil/ramping yang bisa menyala sebagai indikator untuk mengetahui kadar gula darah (glukosa) seseorang telah melewati batas atas atau bawah kadar gula darah tertentu.”.
Melihat dari seluruh fungsi supernya ini, tujuan utama pengembangan alat ini menuju ke arah dunia medis. Hal ini dipastikan dari seluruh argumen-argumen ataupun informasi yang banyak di tangkap oleh berbagai media. Untuk fungsi lainnya yang belum tersebar luaskan, mungkin saja sedang dalam pengembangan tim ahli google pastinya masih memiliki banyak fungsi yang luar biasa.
Proyek ini juga belum diketahui secara jelas kapan produk tersebut terjun ke pasaran. Namun melihat ekspansi google yang banyak di beritakan, tidak lama lagi google akan segera meluncurkan produk “smart contact lens” tersebut ke pasaran.
Inilah beberapa kesimpulan dari kecanggiha “smart contact lens goole” :
1. Lensa memiliki sensor kamera
2. Mampu membimbing dan membantu orang buta
3. Memberikan tampilan proyektif lebih besar atau pembesaran “zoom”.
4. Kompatible di berbagai jenis mata karena dapat menyusut sesuai bentuk retina seseorang
5. Proyek sedang dikembangkan di laboratorium rahasia GoogleX
Kemampuan-kemapuan seperti inilah yang dapat merubah dunia menjadi sebuah era masa depan dengan teknologi canggih.
Selain dari kelebiha yang disebutkan di atas, lensa ini juga memiliki kemampuan nirkabel yang memungkinkan pengguna lensa ini untuk menghubungkan ke smartphone mereka untuk mengolah data serta memberikan visual audio.

Komentar