Nasional

Fenomena Baru Penyebab dan Faktor Motor Macet

on

Padatnya lalu lintas saat ini merupakan sebuah dampak dari kemajuan zaman yang semakin tinggi tingkat konsumsi akan kebutuhan kendaraan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik untuk digunakan sebagai transportasi umum, transportasi pribadi untuk berangkat kerja dan keperluan lainnya.

Minimnya infrastruktur penunjang merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk disoroti dan dikembangkan sebagai bahan acuan kerja kedepan agar selalu mengembangkan dan menambah infrastruktur baik dalam kota yang macet maupun ke tingkat-tingkat di bawah kota seperti desa dan linnya. 

Dalam konteksnya kemajuan zaman yang terjadi ini merupakan sebuah konflik antara pesatnya kemajuan ekonomi masyarakat dan rendahnya infrastruktur penunjangnya. Pantas di sebut konflik karena semakin banyaknya kendaraan saat ini juga merupakan sebuah tanda bahwa setiap orang dapat memiliki kendaraan meskipun dalam keadaan ekonomi yang bisa dikatakan masih dibawah. Namun ternyata hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa ekonomi bawah tidak memiliki kendaraan, jadi sebenarnya ekonomi mereka tidak berada pada tingkat bawah karena mampu memiliki kendaraan. Hanya saja masalah ini mungkin bisa dikatakan bahwa ekonomi sedang berkembang dan akan terus naik, karena kendaraan bermotor pada zaman dulu hanya dimiliki oleh orang bertingkat ekonomi atas. 


Dengan adanya tingkat ekonomi yang sedang berkembang saat ini maka sangat dibutuhkan sebuah tingkatan juga dalam infrastruktur penunjang. Pelebaran jalan dan penambahan rute merupakan salah satu solusi yang terbaik untuk dikedepankan jadwalnya dalam pembangunan Negara ini. Hal ini agar tidak terjadi lagi fenomena motor macet di jalanan makin bertambah akibat padanya arus lalu lintas karena infrastruktur yang tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan.

Motor macet di jalanan tidak hanya di sebabkan karena motor rusak tapi penyebab motor macet dijalan saat ini yang paling banyak adalah karena padatnya arus lalu lintas yang menumpuk saat adanya pergiliran arus lalu lintas seperti saat seperti berada pada lampu merah. Oleh karena itu juga perlu dibangun sebuah system lalu lintas yang dapat mengefisienkan regulasi dan pengaturan lalu lintas sehingga dapat bergantian sesuai dengan porsinya. Hal ini juga diyakini dapat mengurasi resiko motor macet di jalanan.

Kemacetan sebenarnya juga menjadi sebuah factor penyebab banyaknya kerusakan pada motor karena kemacetan dapat menyebabkan motor macet akibat mesin terlalu panas atau bahkan kehabisan bensin saat mengalami macet. Apalagi saat-saat menjelang mudik yang sebentar lagi akan terjadi, fenomena kemacetan motor juga akan banyak terjadi di setiab daerah di seluruh Indonesia.

Incoming search terms:

Komentar