Engineering

Pengertian dan Penjelasan Element Baja AISI 4130

on

Baja merupakan salah satu material yang paling utama dari sebuah industry. Dalam dunia metalurgi, baja memiliki suatu karakter khusus yang berbeda – beda mulai dari sifat mekaniknya hingga strukter mikronya. Oleh sebab itu, agar baja dapat digunakan dengan baik dan optimal, kita harus mengetahui terlebih dahulu karakter dari baja yang akan digunakan. Jika tidak tepat dalam memilih suatu material, maka akan menyebabkan terjadinya suatu kegagalan.

Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi informasi yang mungkin kurang menarik untuk disajikan namun setidaknya informasi ini akan cukup bermanfaat bila dibaca, baik oleh diri kami pribadi maupun oleh orang lain. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi yang berhubungan dengan dunia teknik material / bahan, khusunya dunia pemesinan. Material yang kami maksudkan dalam artikel kami adalah baja AISI 4130 yang merupakan salah satu baja paduan rendah. Baja ini merupakan salah satu baja yang saya gunakan dalam penelitian tugas akhir.

Baja AISI 4130 adalah baja paduan rendah molybdenum yang mengandung kromium dengan kandungan karbon sebesar 0,30 %. Adapun Baja AISI 4130 mempunyai komposisi kimia sebagai berikut :

  • Karbon…………………. 0,28-0,33   %
  • Magnesium……………. 0,40-0,60    %
  • Pospor…………………. 0,035          %
  • Sulfur …………………. 0,04            %
  • Silikon ………………… 0,15-0,30    %
  • Kromium ……………… 0,80-1,10    %
  • Molibdenum ………….. 0,15-0,25    %
 
Adapun pengaplikasian baja AISI 4130 di lapangan yang sering dijumpai yaitu digunakan pada industri yang mempunyai faktor temperatur yang sangat tinggi, seperti pada pembuatan roda kereta api, katel uap, tanki gas, kapal, jembatan dan lain-lain. Selain itu, baja AISI 4130 dapat juga digunakan sebagai bahan untuk pembuatan pipa uap panas pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.  Sekian dulu artikel sari kami mengenai Element Baja AISI 4130, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi rekan – rekan semua.

Incoming search terms:

Komentar