kesehatan

Efek Yang Diberikan Dari Kemoterapi Kanker Payudara

on

Kemoterapi kanker payudara merupakan salah satu upaya medis yang dilakukan untuk mengatasi penyakit kanker payudara yang ganas ini. Dalam pengertian yang paling umum, kemoterapi adalah pengobatan penyakit dengan bahan kimia terutama untuk membunuh mikro-organisme atau sel-sel kanker. Dalam pengobatan secara populer, pengobatannya merujuk pada antineoplastik obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kanker atau kombinasi obat ini ke rejimen sitotoksik standar perawatan. Pada umumnya kemoterapi bertindak dengan membunuh sel yang dapat membelah dengan cepat, salah satu sifat-sifat utama sel-sel kanker. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan atau perkembangan sel yang abnormal di dalam tubuh sehingga menyebabkan gangguan pada fungsi sel-sel atau jaringan.
Penyakit kanker yang dapat dialami oleh setiap orang terdapat beberapa macam baik untuk pria ataupun wanita yaitu kanker otak, kanker tulang, kanker rahim, kanker payudara, dan lain sebagainya. Yang kali ini akan dibahas adalah kanker payudara yang biasanya menyerang dan mengancam wanita. Kanker payudara merupakan kanker yang terjadi pada jaringan payudara, dan merupakan jenis kanker yang paling umum diderita oleh wanita akan tetapi tidak menutup kemungkinan pula bahwa pria dapat mengalaminya hanya saja perbandingannya 1 : 1000. Untuk mengatasi penyakit kanker payudara, biasanya tindakan medis yang paling utama dilakukan adalah pembedahan namun jika diperlukan, kemoterapi kanker payudara dan radiasi akan dilakukan pula sebagai proses lanjutan.
Secara umum kanker adalah sebuah kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya sehingga sel tersebut mengalami pertumbuhan yang tidak normal secara cepat dan tidak terkendali. Selain kondisi tersebut, kanker payudara merupakan kanker yang digolongkan kepada kategori kanker ganas. Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan pembedahan akan tetapi proses lanjutan adalah kemoterapi kanker payudara jika memang diperlukan. Sel-sel kanker terbentuk dari sel-sel normal dalam suatu proses yang rumit yang disebut pula dengan transformasi yang terdiri dari tahap inisiasi dan promosi. Pada umumnya, gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah terdapat benjolan pada area payudara dan terasa nyeri.

Komentar