kesehatan

Efek Samping Penggunaan Pil KB

on

Pil KB mempunyai fungsi utama untuk mengendalikan kehamilan. Penundaan kehamilan menggunakan pil KB bertujuan untuk mengatur jarak kelahiran anak anda. Efek samping pil KB juga bermacam-macam tergantung obat jenis apa yang sedang anda konsumsi. Dokter kandungan biasanya akan membantu anda mengatur jarak kelahiran dengan pil KB atau suntik KB dengan jenis-jenis tertentu dan dosis yang tertentu pula.
Agar lebih yakin tentang efek samping yang sebenarnya dari pil KB yang sedang anda konsumsi, anda bisa menanyakannya ke dokter kandungan anda. Sampai saat ini, pil KB memang sangat ampuh digunakan untuk mencegah kehamilan. Semoga saja pemakaiannya tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada banyak sekali mitos berkenaan efek samping menggunakan pil KB yang berkembang di masyarakat. Ada yang berpendapat bahwa pil KB dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk, ada juga yang berpendapat bahwa pil KB dapat membuat kulit terbebas dari jerawat. Mitos-mitos tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi belum tentu benar juga. Menurut dokter yang lebih ahli, efek samping pil KB dengan kandungan Ciproterone asetat memang dapat membuat kulit anda terhindar dari jerawat sehingga tentu sangat berguna bagi anda.

Kemudian selanjutnya pil KB yang mempunyai kandungan hormone progesterone akan semakin meningkatkan nafsu makan anda sehingga lama-kelamaan dapat menaikkan berat badan anda. Untuk menghindari berat badan yang berlebih, anda bisa melakukan olahraga secara teratur supaya badan anda tetap kurus ideal. Efek samping penggunaan pil KB dalam jangka waktu lama tetap aman dengan syarat penggunaannya harus sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter.

Efek samping secara umum penggunaan pil KB seperti yang dilansir oleh Boldsky adalah dapat menyebabkan sakit kepala, mempengaruhi emosi, pendarahan yang abnormal pada penggunaan pertama kali, nyeri payudara, dan menurunkan keinginan seks anda. Efek samping seperti yang sebutkan di atas tidak dirasakan semua secara sekaligus. Meskipun efek samping pil KB ini tidak terlalu berbahaya, sebaiknya penggunaan pil KB ini tetap harus sesuai dengan yang disarankan oleh dokter anda.

Incoming search terms:

Komentar