Engineering

Definisi Las (Welding)

By

on

Metode yang dilakukan untuk menyatukan atau menyambung dua buah benda padat menjadi satu bagian dengan cara mencairkannya menggunakan pemanasan disebut dengan las (welding). Ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi agar proses pengelasan dapat berhasil, yaitu :

1. Benda padat yang akan disambung dapat mencair/meleleh oleh panas.
2. Benda padat yang akan disambung memiliki kesesuaian sifat lasnya sehingga tidak menggagalkan 
    sambungan tersebut
3. Cara penyambungan yang sesuai dengan sifat benda padat dan tujuan penyambungannya.

Sebagai contoh miasalnya dua buah batang es atau lilin disambung dengan cara mencairkan permukaan-permukaan yang akan disambung dengan menggunakan sumber panas (api/obor). Setelah kedua ujung lilin atau es mencair, bagian yang mencair dipautkan bagian yang satu dengan yang lain, kemudian diamkan/tahan hingga cairan membeku kembali. Peristiwa ini disebut juga dengan peristiwa pengelasan.
Jadi, untuk benda padat yang tidak dapat mencair apabila dipanaskan seperti kayu, asbes atau mika tidak dapat di las. Penyambungan hanya dapat dilakukan dengan metode rekatan, baut, ulir dan cara-cara lainnya selain metode las. Adapun sumber-sumber panas yang biasa digunakan untuk  pengelasan dihasilkan dari proses-proses dibawah ini. Suhu yang dihasilkanpun bervariasi dari suhu yang rendah hingga suhu yang sangat tinggi.
1. Bahan bakar minyak                                                       8. Sinar infra merah
2. Campuran zat asam dengan gas pembakar                      9. Reaksi kimia eksotermis (termis)
3. Gas  pembakar bertekanan                                            10. Ledakan bahan mesiu
4. Busur nyala listrik (arc)                                                  11. Getaran ultrasonic
5. Tahanan listrik                                                               12. Pemboman dengan elektron
6. Induksi listrik                                                                 13. Sinar laser
7. Busur nyala listrik
Dari daftar diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dunia las-mengelas sangatlah luas dan bervariasi, mengingat bahwa manfaatnya yang sangat penting dalam system penyambungan berbagai benda padat untuk keperluan manusia.
Hingga saat ini, terdapat kurang lebih 35 jenis pengelasan yang diciptakan manusia Dari sekian banyak jenis pengelasan, hanya dua jenis pengelasan yang paling popular di Indonesia, yakni pengelasan dengan menggunakan busur nyala listrik dan las karbit.

Sekian dulu penjelasan dari saya mengenai definisi las semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Pada postingan selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai Pengelasan Las Busur Nyala Listrik (Shielded Metal Arc Welding). 

Komentar