Diagnosis Kehamilan

Contoh Diagnosis Banding Perdarahan pada Kehamilan Muda (Perdarahan Pervaginam)

on

Diagnosis banding perdarahan pada kehamilan muda merupakan salah satu diagnosis yang digunakan oleh dokter dalam mendiagnosis pasiennya sebagai pembanding diagnosis kerja. Diagnosis banding adalah diagnosis yang digunakan oleh dokter untuk menduga kemungkinan terdekat berikutnya yang mungkin terjadi pada pasien. Diagnosis banding ini diperlukan sebagai tanda waspada dan pengganti diagnosis kerja bila diperlukan untuk diganti. Untuk mendiagnosis kehamilan seseorang sebenarnya tidak terlalu sulit. Diagnosa kehamilan dilakukan berdasarkan tanda-tanda dan gejala-gejala yang dilakukan melalui pemeriksaan-pemeriksaan tertentu seperti pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium. Kedua jenis pemeriksaan tersebut harus dilakukan untuk membuktikan diagnosis yang telah dikeluarkan oleh seorang dokter sehingga pasien akan lebih percaya dan mantap akan diagnosis yang telah dikeluarkan.
Macam-macam tanda dan gejala kehamilan sendiri dibagi menjadi tiga macam yaitu tanda pasti (positif sign), tanda mungkin (probable sign) dan tanda yang mencurigakan (presumptive evidence). Kesemua macam tanda dan gejala yang ada pada kehamilan seseorang tersebut biasanya digunakan oleh dokter untuk diagnosis banding perdarahan pada kehamilan muda. 
Contoh kasus berikut merupakan contoh kasus yang sering terjadi dan biasa digunakan agar kita lebih memahami dengan maksud dari diagnosis banding. Seorang perempuan berusia 25 tahun mengalami keluhan pada bagian vitalnya akibat mengeluarkan darah selama beberapa hari ini. Selain itu, penderita juga mengalami keluhan lain seperti payudara yang terasa lebih tegang dan haidnya tidak datang. Penderita berkata kepada dokter bahwa ia telah menikah selama 4 bulan dan tidak pernah menggunakan alat kontrasepsi setiap melakukan hubungan intim dengan suaminya.
Selain itu, penderita juga mengeluh sering merasa mual dan muntah-muntah setiap kali makan ataupun minum dan hal itu biasanya terjadi pada pagi hari. Sudah beberapa tahun belakangan ini penderita mengkonsumsi rokok. Pada kasus tersebut dijelaskan bahwa penderita mengalami perdarahan pervaginam akibat proses nidasi blastosis ke endometrium yang menyebabkan perlukaan. 
Pada kasus ini sulit untuk melakukan diagnosis pasti mengenai apa sebenarnya yang terjadi pada pasien. dokter juga telah melakukan beberapa pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk membantunya dalam mendiagnosis hal apa yang sedang dialami oleh penderita. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan keluhan-keluhan yang dialami oleh penderita dapat diambil diagnosis banding perdarahan pada kehamilan muda yang paling logis yaitu kehamilan normal dan iminens yang disertai dengan komplikasi berupa hipemeresis gravidarium.

Incoming search terms:

Komentar