kesehatan

Contoh Asuhan Kebidanan Terbaru dan Terbaik Bidan Delima pada Persalinan dengan Post Partum Haemoragic

on

Contoh asuhan kebidanan terbaru dan terbaik bidan delima salah satunya adalah asuhan kebidanan pada persalinan dengan post partum haemorogic. Bidan delima adalah sistem standarisasi kualitas pelayanan bidan praktek swasta, dengan penekanan pada kegiatan monitoring dan evaluasi serta kegiatan pembinaan dan pelatihan yang rutin dan berkesinambungan. Saat persalinan dengan post partum haemorogic bisa terjadi perdarahan post haemorogie sehingga hal ini perlu dilakukan asuhan kebidanan agar tidak menyebabkan masalah yang fatal. 
Perdarahan post haemorogie sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Perdarahan primer yang terjadi dalam 24 jam pertama dan perdarahan sekunder yang terjadi setelah 24 jam melahirkan. Kedua jenis perdarahan ini memang sering terjadi pada ibu yang melahirkan sehingga penanganannya harus dilakukan dengan hati-hati mengingat akibat yang ditimbulkan jika tidak ditangani dengan baik.
  2. Perdarahan post haemorogie sekunder dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti tertinggalnya sisa plasenta/selaput ketuban, adanya robekan jalan lahir, adanya pelepasan jaringan mati pada jalan lahir akibat persalinan dan tertahannya plasenta dalam uterus/retensio plasenta. 

Contoh asuhan kebidanan terbaru dan terbaik bidan delima yang dapat dilakukan untuk menangani masalah ini agar tidak terjadi perdarahan post haemorogie yang fatal adalah 1) memberikan uteronika 10 IU 2) memberikan cairan RI 3) mengkaji keadaan umum ibu untuk mengetahui tanda-tanda syok 4) melakukan kerjasama dengan pihak dokter untuk penanganan yang lebih serius. Kesemua tindakan penanganan yang disebutkan di atas merupakan beberapa tindakan penanganan yang terdapat pada asuhan kebidanan bidan delima yang efektif dan efisien untuk mengatasi perdarahan post haemorogie.
Bidan delima merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang kesehatan terutama kesehatan keluarga berencana dan reproduksi. Organisasi ini mempunyai landasan khusus yang merupakan tolak ukur dalam melaksanakan setiap kegiatannya. Landasan khusus bidan delima adalah sentuhan yang manusiawi, sopan santun, kasih sayang, terjangkau dengan tindakan kebidanan sesuai standar dan mematuhi kode etik profesi. Contoh asuhan kebidanan. Selain perdarahan, terjadinya retensio plasenta atau sisa plasenta pada post haemorogie juga mungkin dapat terjadi. 
Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menangani masalah tersebut adalah :
1) meningkatkan KB 
2) meningkatkan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan yang terlatih 
3) tidak memperkenankan melakukan masase pada saat pertolongan partus (kala III) 
4) mengkonsumsi gizi yang cukup 5) tidak melakukan cureetagge terlalu bersih. Kesemua tindakan pencegahan merupakan salah satu contoh asuhan kebidanan terbaru dan terbaik bidan delima

Komentar