Lain

Cara Untuk Mengatasi Pengangguran Di Indonesia

on

Cara untuk mengatasi pengangguran di Indonesia tidaklah mudah jika semua lapisan masyarakat tidak mendukungnya. Pengangguran menjadi sebuah masalah besar bangsa Indonesia yang harus segera dicarikan solusinya.
Banyaknya angka pengangguran di Indonesia menghambat pertumbuhan ekonomi Negara serta menyebabkan tingginya angka kejahatan di Indonesia sendiri. Seseorang yang menganggur atau tidak punya penghasilan sama sekali berarti akan susah mencukupi kebutuhannya sehari-hari sehingga meningkatlah jumlah kemiskinan di Indonesia.
Secara individu, orang yang menganggur juga rentan terkena stress dan depresi. Hal ini disebabkan karena selain tidak bisa memenuhi kebutuhan sendiri, seorang pengangguran juga berpotensi untuk dikucilkan masyarakat. Oleh karena itu, masalah pengangguran ini harus ditangani bersama-sama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Cara mengatasi pengangguran secara umum dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan gratis bagi orang yang kurang mampu. Pendidikan sangatlah penting untuk mengembangkan pola pikir seseorang, karena salah satu penyebab banyaknya pengangguran sendiri merupakan rendahnya tingkat pendidikan seseorang. Selanjutnya, usaha pemerintah untuk memperluas lapangan pekerjaan. 
Lapangan pekerjaan yang banyak tentu akan mengurangi tingkat pengangguran di tanah air. Selain pemerintah, masyarakat juga dihimbau untuk menciptakan lapangan kerja, jadi tidak semuanya mencari pekerjaan namun juga membuka lowongan pekerjaan. Kemudian mendirikan tempat latihan kerja.
Tempat latihan kerja ini bisa berupa kursus menjahit, kursus memasak, pelatihan membuat kerajinan tangan, atau bisa juga dengan mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) yang didirikan di banyak daerah. Hal seperti ini penting untuk membekali ketrampilan usaha para pengangguran untuk membuka usaha sendiri.
Cara yang selanjutnya adalah menghimbau pemerintah untuk memberikan kredit langsung kepada masyarakat. Pemberian kredit ini bisa dilakukan dengan bekerja sama bersama bank-bank tertentu supaya memberikan pinjaman kepada masyarakat. Pinjaman ini diharapkan dapat digunakan sebagai modal usaha untuk masyarakat, misalnya dengan mendirikan UKM (Unit Kegiatan Masyarakat), dan sebagainya.
Lalu, cara mengatasi pengangguran yang terakhir adalah memberikan pendidikan non formal bagi para pelajar. Pendidikan non formal ini berupa ketrampilan khusus, peningkatan EQ atau kemampuan berkomunikasi yang diharapkan dapat menjadi lulusan yang menciptakan lapangan pekerjaan.

Incoming search terms:

Komentar