Lain

Cara untuk Mengatasi Lunturnya Jati Diri Bangsa Akibat Proses Globalisasi

on

Cara untuk mengatasi lunturnya jati diri bangsa akibat proses globalisasi sebenarnya bisa diupayakan jika mendapat dukungan oleh semua warga Negara di tanah air. Modernisasi didukung dengan hadirnya produk-produk yang bisa mengakses informasi dengan mudah. Mudahnya pengaksesan informasi ini kemudian melahirkan apa yang disebut globalisasi dimana pada era ini batas-batas Negara sudah menjadi kabur. 
Segala informasi yang ada di belahan bumi lain bisa diakses dengan mudah dan cepat seperti tidak ada jarak sama sekali. Hal ini tentu memberikan dampak yang buruk karena berpotensi melunturkan jati diri bangsa sendiri. Bisa dilihat sekarang ini dari kehidupan sehari-hari efek dari globalisasi ini. Dilihat dari model pakaian misalnya, apakah pakaian kita memberikan ciri bahwa kita orang Indonesia?
Nah, lunturnya jati diri bangsa ini setidaknya bisa dilakukan dengan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air. Hal ini tidak mudah di era dengan gerusan globalisasi yang semakin mengancam. Cinta tanah air sebenarnya bisa dilakukan dengan mempelajari kebudayaan sendiri karena budaya mencerminkan bangsanya.
Mengerti budaya sendiri sangat penting untuk menjaga jati diri bangsa. Budaya di Indonesia sendiri sangatlah banyak, dan anda tidak perlu mempelajari semuanya. Cukup budaya yang paling dekat dengan kehidupan andalah yang perlu anda pelajari. Budaya lain bisa dijadikan sebagai pelengkap budaya anda agar dapat bergaul di masyarakat luas.
Cara mengatasi lunturnya jati diri selanjutnya adalah dengan meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan mempertebal ideologi, meningkatkan iman dan takwa untuk mengimbangi kemajuan teknologi, meningkatkan kualitas di bidang kesenian, mencinta barang-barang lokal produksi negeri Indonesia, melestarikan kesenian dan kebudayaan Nasional, meningkatkan persatuan dan kesatuan, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, dan meningkatkan jam belajar.
Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk mencegah luntunya jati diri bangsa Indonesia. Sesungguhnya proses globalisasi sendiri juga memiliki dampak buruk untuk diri kita. Selain dapat menyebabkan lunturnya jati diri bangsa, globalisasi juga menyebabkan keterkejutan budaya dimana akan membuat anda dalam kondisi stress karena tidak dapat mengikuti perkembangan budaya.

Incoming search terms:

Komentar