Sosial

Cara Untuk Mengatasi Kelangkaan Dalam Memenuhi Kebutuhan Manusia

on

Cara untuk mengatasi kelangkaan dalam memenuhi kebutuhan manusia – Kebutuhan manusia memanglah sangat beragam dan kompleks. Sebenarnya kebutuhan dasar manusia adalah makanan, pakaian, dan tempat tinggal.
Namun, seiring dengan semakin berkembangnya jaman, 3 kebutuhan dasar tersebut juga melahirkan kebutuhan-kebutuhan lain yang banyak sekali macamnya. Padahal, untuk memenuhi tiga kebutuhan dasar tersebut sebenarnya kita sudah harus dituntut berjuang mati-matian.
Kebutuhan makanan misalnya, tidak bisa kita dapat begitu saja jika kita tidak memiliki pekerjaan. Sementara itu, kelangkaan pangan juga kerap terjadi dan disebabkan oleh beberapa faktor.
Langkah utama untuk mengatasi kelangkaan pangan adalah dengan melunturkan ketergantungan akan berar sebagai makanan pokok. Konsumsi beras per kapita setiap tahun di Negara Indonesia kurang lebih adalah 140 kg dan menjadi yang terbesar di dunia.
Besarnya konsumsi beras per tahun menyebabkan pemerintah harus senantiasa mengimpor beras agar tidak terjadi kelangkaan pangan. Hal seperti demikian akan terus meningkat dan selalu menjadi permasalahan klasik bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus dapat menumbuhkan kearifan lokal bangsa yang terdahulu, bahwa tanpa beras kita masih bisa memenuhi karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.
Bahan pangan lain seperti ubi jalar, jagung, singkong, juga bisa dijadikan bahan makanan selingan selain beras. Dan harga bahan makanan tersebut terbilang cukup terjangkau dibandingkan dengan harga beras sendiri.
Pemerintah sangat memiliki peran penting untuk mengatasi kelangkaan pangan bangsa Indonesia. Selain meningkatkan produksi padi, pemerintah juga harus berupaya untuk meningkatkan produksi pangan non beras serta sedikit demi sedikit mengalihkan pola makanan pokok masyarakat Indonesia. 
Peningkatan produksi bahan pangan ini dapat dilakukan dengan menanam tanaman pangan yang pas dengan kondisi lingkungan wilayah masing-masing. Misalnya di Indonesia bagian timur cocok untuk ditanami jagung, sagu, dan lainnya. Indonesia bagian tengah khususnya Jawa cocok sekali ditanami padi, talas, ubi, gadung, singkong.
Pemerataan peningkatan produksi pangan ini akan dapat mengatasi kelangkaan makanan di Negara Indonesia. Selain pemerintah, seluruh lapisan masyarakat harus mendukung upaya ini. Sehingga untuk mencapai suatu pencapaian produksi pangan yang baik atau bisa saja menjawab solusi untuk swasembada beras nasionl akan mudah tercapat.
Demikianlah beberapa pendangan secara singkat berkaitan mengatasi masalah kelangkaan atau dalam mengatasi pemenuh kebutuhan manusia primer. Semoga pandangan ini dapat menjadi literatur dan pertimbangan yang bermanfaat bagi pembaca.

Incoming search terms:

Komentar