Lain

Cara untuk Mengatasi Banijir di Indonesia

on

Cara mengatasi banjir yang marak terjadi di Indonesia bukanlah hal yang mudah perlu kerjasama yang baik antar seluruh warga masyarakat agar banjir tidak terjadi lagi. Banjir di Indonesia sendiri hampir setiap tahun datang khususnya bila musim penghujan datang. Kota Jakarta menjadi kota yang selalu dilanda banjir setiap tahunnya. Beberapa kota lain seperti Semarang, Bandung, Bekasi, dan yang lainnya juga sering sekali terkena banjir. Lalu, bagaimana cara agar dapat mencegah banjir?
Banjir dapat dicegah dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan banjir. Cara mengatasi banjir yang pertama adalah dengan membuat sanitasi atau saluran air yang baik. Untuk menghalau banjir, dibutuhkan sistem irigasi yang baik. Jangan samoai air yang mengalir ke sungai menjadi mati atau tidak mengalir karena pasti akan menyebabkan banjir. Saluran air yang baik bisa berupa kali yang besar yang bebas dari tumpukan sampah serta siap menampung limpahan air hujan.
Cara yang kedua adalah jangan membuang sampah sembarangan. Membuang sampah sembarangan menjadi pemicu utama terjadinya banjir. Sampah dapat menghambat saluran air, dan menjadikan lingkungan tidak indah lagi. Oleh karena itu, jika tidak mau terkena banjir, buanglah sampah pada tempatnya. Selanjutnya, rajin membersihkan saluran air. Hal ini sangat perlu agar air dapat mengalir dengan baik tanpa terhambat oleh sampah atau sesuatu yang lain
Cara selanjutnya adalah membangun bendungan. Di kota-kota besar, bendungan sangat perlu untuk menampung air hujan. Bendungan ini berbentuk kolam air raksasa yang yang berfungsi menampung air dengan jumlah yang sangat besar.
Selanjutnya adalah dengan menanam pohon dan melestarikan hutan. Pohon memiliki banyak sekali manfaat. Selain menyediakan oksigen, pohon juga dapat mencegah banjir sekaligus menghindarkan kita dari kekeringan. Oleh karena itu, tanamlah pohon di sekitar rumah anda serta jagalah hutan agar tetap asri.
Cara yang lainnya adalah membuat sumur resapan, membuat lubang biopori, mengadakan proyek pendalaman sungai, dan juga memilih paving stone untuk pembuatan jalan yang lebih menyerap air. Demikian adalah cara-cara untuk menanggulangi banjir yang cukup efektif.

Incoming search terms:

Komentar