Motor

Cara Setting Karburator Dengan Skil Sendiri

on

Cara setting karburator. Kendaraan bermotor bisa jadi sudah menjadi kebutuhan primer sekarang ini. Kendaraan bermotor sudah seperti layaknya kaki untuk memudahkan berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Kendaraan bermotor agar selalu bisa diajak beraktivitas anda harus memberikan perhatian seperti anda memperhatikan diri anda sendiri, dimandikan dirawat dan dipakai dengan respek. Jika anda bisa merawat kendaraan anda maka kendaraan anda juga akan merawat anda dengan selalu siap ketika akan digunakan.

Kendaraan bermotor juga bernafas layaknya manusia, ketika nafasnya tersedak maka kendaraan anda akan batuk-batuk dan membuat perjalanan anda menjadi tidak nyaman. Paru-paru kendaraan adalah karburator, tempat dimana bahan bakar diubah menjadi kabut dan dicampur dengan udara agar bisa terbakar sempurna di ruang bakar.

Karburator bertempat persis didepan ruang bakar sebagai pemasok udara bercampur bensin untuk pasokan tenaga. Kencang atau tidaknya kendaraan anda salah satunya bergantung pada komponen ini. Namun kapasitas karburator berbanding lurus dengan luas ruang bakar yang sering kita sebut berapa cc kendaraan tersebut.

Komposisi udara dengan bensin sangat mempengaruhi tenaga kendaraan anda. semakin kaya campuran bensin dengan udara maka ledakan tenaga yang dihasilkan akan semakin besar, demikian pula sebaliknya. Nah ketika campuran udara dengan bahan bakar ini tidak sesuai dengan kebutuhan ruang bakar maka kendaraan anda bisa dipastikan tidak akan berjalan dengan normal. Ketika sudah seperti ini maka anda harus melakukan setting ulang karburator.

Dalam mensetting ulang karburator yang perlu diperhatikan adalah dua sekrup yang berkaitan dengan pasokan udara dengan pasokan bahan bakar, umumnya mekanik menyebutnya dengan spuyer pilot jet dengan main jet. Masing-masing spuyer akan menentukan seberapa banyak aliran yang lewat dengan cara mengencangkan dan mengendorkannya.

Anda bisa memulai setting karburator dengan memutar kedua sekrup sampai kencang kemudian skrup bahan bakar dibuka separuh putaran sedangkan skrup angin atau udara dibuka satu putaran penuh kemudian mesin dinyalakan. Perhatikan nyala lampu kendaraan jika terlalu berkedip berarti settingan spuyer belum pas. Perhatikan pula wajah busi jika terlalu mengkilat artinya campuran bensin terlalu banyak, sedangkan jika wajah busi kering artinya campuran bensin kurang.

Incoming search terms:

Komentar