Cara Memperbaiki Mesin

Cara Mudah Memperbaiki Mesin Motor Dengan Cepat dan Simpel

on

Mesin merupakan sebuah perangkat yang menjadi sebuah kemajuan zaman seperti saat ini dan sudah menjadi gaya hidup atau lifestyle moderen. Berbagai macam perangkat maupun alat yang digunakan untuk mempermudah seseorang melakukan berbagai macam aktivitas maupun kegiatan sehari-hari merupakan mesin. Perangkat sederhana untuk mengangkat barang misalnya sperti katrol atau apapun sudah bisa dikatakan mesin karena cara keja mekanisnya.

Lebih jauh lagi saat ini kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat berbagai macam mesin muncul dalam kehidupan manusia, baik mesin transportasi, mesin rumah tangga, mesin pemikir dan lainnya. Satu persatu jeni-jenis mesin muncul dalam peradaban moderen saperti saat ini bertujuan untuk mempermudah langkah dan tindakan manusia.

Mesin teknologi tinggi yang masih berkembang saat ini adalah mesin transportasi. Mesin transportasi darat, laut dan udara masih saja dikembangkan supaya mampu memberikan kemudahan untuk manusia. Contoh saja mesin yang semakin dikembangkan bersama dengan konsep ilmu dan teknologi yang moderen adalah mesin dengan teknologi yang ramah lingkungan seperti mesin bertenaga matahari atau bertenaga angin. Hal ini juga yang melatar belakangi munculnya berbagai macam mobil listrik dan mesin listrik lainnya.

Terlepas dari banyaknya mesin-mesin tersebut tentu saja sebagai kodrat sebuah mesin adalah melakukan perawatan atau maintenance karena mesin tidak mampu mengurusi dirinya sendiri. User atau pengguna mesin adalah sosok yang bertanggung jawab atas baik tidaknya sebuah mesin beroperasi. Tanpa didukung perawatan yang berkala maupun rutin sebuah mesin tidak akan berjalan atau beroperasi sempurna. Jika mesin tidak dirawat dengan baik maka suatu mesin akan mengalami kerusakan sehingga membutuhkan perbaikan jika hal tersebut rusak. Bisa saja diambil contoh kecil mesin yang banyak digunakan saat ini adalah kendaraan bermotor.

Mesin motor membutuhkan perawatan dalam kurun waktu tertentu berdasarkan jarak yang ditempuh maupun waktu yang ditempuh, tergantung mana yang lebih cepat dicapai. Perawatan rutin atau preventif maintenance untuk penggantian oli misalnya. Oli atau pelumas mesin diganti berdasarkan waktu dan jarak. Batas maksimum oli yang beredar dipasaran adalah 4000 km, jadi oli tidak akan baik digunakan atau akan merusak mesin jika melebihi batas maksimum tersebut. Jika mesin mengalami kerusakan maka perlu dilakukan perbaikan.

Cara mudah memperbaiki mesin dan merawatnya yang perlu dipahami adalah dengan memahami mesin serta mengetahui batasan-batasan mesin dengan membaca manual book atau buku panduan mesin tersebut. Misalkan ada kerusakan motor injeksi setelah dicuci yang tanpa sengaja mengenai sistem elektrik motor atau sistem CDI sehingga membuat motor tidak menyala, hal ini biasa terjadi pada motor sport / motor laki.

Jika motor terkena air di sistem elektrik kalau motor injeksi biasanya akan muncul lampu indikator yang berkedip tiga kali jika ignition di nyalakan, bisa saja berbeda di setiap motor makanya harus dibaca dulu manual booknya. Dengan mengetahui kedipan lampu indikator maka anda hanya perlu membuka daerah elektrik mesin dan kemudian mengeringkannya dengan hairdryer atau menjemurnya maka elektrik starter bisa dinyalakan lagi.

Demikianlah cara mudah memperbaiki mesin secara cepat dan simple tanpa bingung-bingung harus membawa ke bengkel, semua dapat dilakukan sendiri jika ada kemauan. Posting berikutnya akan memberikan cara-cara muda memperbaiki mesin lainnya yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki mesin anda. Semuanya bisa anda dapatkan hanya di media online pintar ini, ikuti terus posting berikutnya.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar