Cara Memperbaiki Mesin

Cara Mudah Memperbaiki Elektrik Starter Pada Motor

By

on

wartasaranamedia.com – Seperti yang kita tahu starter adalah salah satu komponen utama pada kendaraan bermotor khususnya roda dua. Apalagi di jaman sekarang ini beberapa pabrikan sepeda motor hanya  menggunakan system starter tanpa dilengkapi dengan kick starter.  Nah bagaimana apabila starter pada motor kita tidak berfungsi / rusak? Tentunya hal ini akan merepotkan bagi kita para pengguna sepeda motor.
Hal yang sering dianggap sepele oleh para bikers adalah kerusakan pada dinamo starter, apabila dinamo starter pada motor yang tidak dilengkapi oleh kick starter mengalami kerusakan alias ngadat otomatis motor akan mengalami mati total/mogok. Berbeda jika motor tersebut dilengkapi dengan starter kick, apabila mengalami mogok kita dapat mengengkolnya dengan kaki.
 
Gejala awal kerusakan pada dinamo starter dapat dilacak dari suara dan fisiknya, seperti timbulnya suara kasar pada saat tombol elektrik starter ditekan. Ada empat komponen yang sangat penting yang perlu diwaspadai yaitu  aki, switch, starter atau bendik, dan yang terakhir dinamo starter. Keempat komponen tersebut menjadi acuan ketika kita ingin mengetahui atau mendeteksi masalah kerusakan pada elektrik starter.

Berikut ini adalah cara mengecek masalah kerusakan yang terjadi pada keempat komponen tersebut:

  1. Aki/Baterai
    Aki merupakan sumber arus pada kendaraan bermotor, tanpa adanya aki otomatis motor atau mobil tidak dapat hidup. Cara pengecekannya adalah siapkan avo meter kemudian lihat apakah arus baterai masih standar atau sudah lemah. Hal ini juga bias dilakukan secara manual yaitu dengan cara tempelkan terminal plus dan minus nya, akan tetapi perlu diingat cara ini dapat merusak baterai. Arus pada baterai/aki pada system atarter harus kuat agar kita bisa mengecek komponen yang lainnya.
  2. Starter otomatis/ bendik
    Cara mengecek komponen ini adalah dengan cara menempelkan terminal bendik yang satu dengan yang lainnya. Hasil yang dapat kita lihat adalah :
    a.Jika bendik memercikkan api bersamaan dengan mesin hidup, maka bendik pada motor rusak.
    b.Jika bendik memercikkan api tetapi mesin dalam keadaan mati maka bendik tersebut masih
       bagus.
  3. Dinamo starter
    Dalam mengecek komponen ini hal yang harus dilakukan adalah lepaskan Dinamo dari mesin kemudian tempelkan terminal plus baterai pada terminal min Dinamo min baterai pada bodi Dinamo starter. Jika Dinamo berputar berarti Dinamo starter masih bagus, sebaliknya apabila Dinamo tidak berputar maka Dinamo starter pada motor mengalami kerusakan.
  4. Tombol starter
    Caranya adalah lepaskan kabel soket pada tombol starter, ambil potongan kabel sedikit kemudian hubungkan, hasilnya adalah jika mesin hidup maka tombol starter rusak, jika mesin tidak hidup ada kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen yang lain tetapi tombol starter bagus.
Dinamo starter adalah bagian yang paling jarang mengalami kerusakan hal ini disebabkan kumparan yang cukup awet, justru yang sering mengalami kerusakan adalah brush atau sikat arang. Jika habis tergerus mengakibatkan arus listrik pada pada bendik tidak mengalir sehingga kumparan tidak dapat memutar as untuk menggerakkan gear yang tersambung ke kruk as.

Incoming search terms:

Komentar