Motor

Memamahi Cara Merawat Rantai Yang Benar Ketika Rantai Bergemuruh

on

Merawat rantai motor adalah salah satu syarat agar sepeda motor kita tidak cepat rusak. Seperti yang diketahui, rantai merupakan salah satu bagian penting kendaraan bermotor. Namun, melakukan perawatan pada rantai motor bukanlah sebuah pekerjaan yang berat jika kita lakukan berkala. Sebab, sering kali kita sebagai pengguna motor melupakan hal tersebut sehingga tak jarang motor kesayangan kita harus bolak-balik masuk bengkel karena itu.

Coba kita lihat, mengapa kita harus merawat rantai motor kita? Ini di sebabkan karena rantai sepeda motor, oli, dan ban adalah komponen yang krusial atau penting agar saat kita berkendara menjadi aman dan nyaman.

Rantai bertindak sebagai super hero dalam berkendara, ia melakukan tugas sulit dalam mentransfer atau memindahkan tenaga mesin ke penggerak roda. Bisa terbayang jika kondisi rantai tidak terawat, sudah barang tentu dapat mengakibatkan kegagalan dan kelumpuhan mesin. Hal ini dapat membahayakan nyawa pengendara.

Dalam perawatan rantai sepeda motor memerlukan beberapa langkah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi rantai apakah terasa kendur atau tidak. Jika kendur segera lakukan penyetelan dengan cara menyetel rantai dengan jarak 8 sampai 11 mm. Ini bisa dilakukan di bengkel – bengkel, tempat servis resmi, atau bisa dilakukan sendiri jika kita bisa menyetel rantai sepeda motor.

Langkah kedua adalah mengecek kondisi penutup rantai serta memberikan pelumas, Karena jika hal ini tidak dilakukan maka rantai akan menjadi kering dan menimbulkan bunyi – bunyi yang kelak akan mengganggu kinerja mesin motor.

Langkah ketiga adalah bersihkan rantai atau penting juga memotong rantai maksimal satu kali karena jika lebih dari satu kali dapat berakibat fatal pada gear dan mesin motor anda.

Dari banyak penjelasan diatas, sudah tertera dengan jelas bahwa perawatan rantai itu sangat penting. Karena merawat rantai itu berkaitan dengan kesehatan mesin, umur kendaraan anda dan keselamatan anda dalam berkendara. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan semoga keselamatan menaungi kita di setiap langkah dan tujuan kita dalam berkendara.

Incoming search terms:

Komentar