Mobil

Jangan Lewatkan Langkah Mudah Ini Untuk Merawat Wiper Mobil Anda

on

Merawat kendaraan merupakan sebuah hal yang sebaiknya dilakukan secara preventif atau teratur dan rutin agar mesin atau kondisi kendaraan selalu prima dan siap diapakai. Untuk itu sebaiknya segala macam hal yang mampu anda tangani seperti hal-hal kecil mengecek ketersediaan oli, air radiator dan lainnya seperti perawatan wiper kendaraan pada mobil bisa anda lakukan setiap har.

Hal kecil yang membawa manfaat besar tersebut memang sangatlah remeh, namun akibat dari tidak dilakukannya hal tersebut juga sangatlah merugikan anda. Contohnya saja wiper kendaraan mobil anda, jika tidak dilakukan perawatan maka wiper anda akan menjadi keras sehingga dapat menyebabkan goresan pada kaca mobil anda. Hal tersebut tentu saja kan merugikan anda sendiri.

Oleh karena itu, berikut ini tips mudah dan sederhana merawat wiper mobil anda.

  1. Wiper merupaka alat pembersih kaca mekanis yang memerlukan air untuk memaksimalkan kerjanya. Oleh karena itu water sprayer yang menunjang wiper haruslah terisi secara penuh agar pada saat digunakan wiper tidak bekerja pada kondisi kering karena dapat menyebabkan goresan pada kaca.
  2. Gunakan campuran cairan pembersih kaca pada water sprayer sehingga kerja wiper akan lebih baik lagi.
  3. Lakukan perawatan rutin minimal tiga kali seminggu meskipun wiper tidak digunakan. Gunakan sahampo mobil dan kain lap untuk membersihkan bagian karet wiper. Lakukan sampai bersih dengan mengelapnya berulang-ulang.
  4. Saat memarkir kendaraan untuk waktu yang di luar ruangan tanpa atap maka sebaiknya naikan wiper agar tidak menempel dengan kaca mobil anda. Tujuannya adalah menghindari panas yang berlebihan akibat radiasi matahari pada kaca karena panas pada kaca dapat mencapai suhu yang tinggi dan menyebabkan karet wiper menjadi keras.
  5. Periksalah kondisi karet wiper anda jika wiper sudah lama digunakan, karena beberapa merek wiper bisa saja tidak memiliki daya tahan yang lama. Untuk itu anda harus mengganti dengan wiper yang baru.
  6. Periksalah jarak semburan air pada nozzle yang biasanya ada di bagian depan kap mobil anda. Semburan bisa menjadi tidak sempurna karena adanya kerak dan lumut pada ujung nozzle, cukup gunakan jarum saja untuk membersihak lubang nozzle tersebut.
cara mudah merawat wiper

Langkah Membersihkan Komponen Wiper

Demikianlah beberapa cara mudah dan sederhan untuk merawat kendaraan anda pada bagian wiper mobil anda. Sedangkan untuk kerusakan berat seperti wiper tidak bisa bergerak atau rusak, water sprayer tidak berfungsi sebaiknya anda serahkan pada ahli. Karena kerusakan ini biasannya terjadi karena motor penggerak konslet atau disfungsi sehingga membutuhkan ahli dynamo untuk membereskan hal tersebut.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar