Cara Mudah Belajar

Cara Mudah Belajar Nyetir Mobil Bagi Pemula

on

Setiap orang tentu punya impian mempunyai kendaraan pribadi yang nyaman untuk digunakan. Salah satu kendaraan pribadi yang tentunya banyak diinginkan setiap orang yaitu mobil. Mobil merupakan salah satu kendaraan yang menjadi idola bagi banyak orang. Selain dapat menampung penumpang lebih banyak, mobil juga dapat menunjukan strata sosial seseorang.

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menyetir. Umumnya mereka bingung untuk memulai dan tidak tahu bagaimana cara agar bisa mengemudikan kendaraan beroda empat ini. Tapi tenang saja, berikut ini ada beberapa tips serta cara mudah belajar yang praktis dan pastinya dalam waktu yang singkat.

Cara mudah belajar nyetir atau mengemudi mobil bagi pemula yang pertama adalah mengenali bagian-bagian mobil mulai dari pedal gas, rem setir dan lain-lain. Bagian inilah yang akan menjadi alat untuk mengendalikan mobil agar berfungsi dengan benar sesuai dengan tujuan yang anda inginkan.

Jika anda telah memahami semua bagian mobil dan mengetahui fungsi masing-masing bagian, tahap selanjutnya yaitu belajar mengemudikan. Yang jelas kita membutuhkan kehadiran seorang pembimbing yang berpengalaman disamping anda untuk memberi arahan menyetir. Anda tidak bisa memaksakan diri untuk belajar menyetir sendiri, selain karena itu akan sulit belajar menyetir sendiri juga penuh akan resiko. Maka kehadiran seorang pembimbing adalah kebutuhan mutlak bagi pemula untuk belajar menyetir.

Cara mudah belajar selanjutnya adalah teruslah belajar, pengalaman adalah guru terbaik. Banyak hal-hal baru yang didapat saat pertama kali menyetir. Ingat dan pelajari hal-hal itu, jadikan hal tersebut sebagai pengalaman yang berharga.

Proses sejak pertama kali menyetir, cara membelokan mobil, mengerem, dan memarkir kendaraan adalah bekal penting yang perlu terus dikembangkan. Karena setiap medan/jalan berbeda-beda. Anda akan terus menemui medan yang baru, gunakan pengalaman anda selama menyetir untuk menghadapi medan tersebut.

Setiap orang yang menyetir mempunyai resiko yang besar. Salah sedikit nyawalah yang menjadi taruhannya. Biasakan selalu berdoa sebelum dan sesudah menyetir, dan tidak ketinggalan selalu menggunakan sabuk pengaman serta surat-surat kendaraan yang lengkap.

Bekal belajar menyertir yang pertama adalah kemauan, setelah itu pemahaman dan sadar keselamatan. Kembangkan dahulu pemahaman tentang pedal yang ada di bawah kaki anda, sentuh perlahan masing-masing pedal agar tahu fungsinya masih-masing.

Jika anda mengendarai mobil dengan sistem transmisi manual maka anda akan menemui tiga pedal, yang paling kiri adalah kopling, paling kanan adalah gas dan di antara gas dan kopling adalah rem. Namun jika anda menggunakan mobil matic maka cuma dua pedal yang akan ditemui. Pedala gas yang ada di paling kanan dan pedal rem yang ada di sebelah gas.

Setelah jam terbang anda sudah banyak dan mengemudi anda sudah lancar, pastikan anda menggunakan spion sebagai mata belakang anda. Spion kiri kanan untuk melihat sisi samping dan sepion di tengah yang ada di dalam cabin untuk melihat arah belakang anda. Jangan biasakan menoleh kebelakang untuk melihat kondisi sebelum anda, 1 detik anda tidak memperhatikan jalan maka bahaya bisa saja sudah terjadi.

Kesimpulannya, belajar mengemudi dengan mudah adalah dengan terus berlatih bersama instruktur anda, pahami setiap resiko dan fungsi seluruh alat keselamatan mengemudi. Semoga menjadi panduan untuk mempermudah anda dalam belajar mengemudi anda yang pertama.

Incoming search terms:

Komentar