Cara Mudah Belajar

Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Matic

on

Melanjutkan posting sebelumnya cara mudah belajar mengendarai mobil manual maka sekarang akan dijelaskan bagaimana cara mengemudi untuk mobil metic.

Mobil jenis metik merupakan sebuah jenik kendaraan dengan sistem auto transmision shift. Artinya dalam perpindahan transmisi mobil ini seorang pengemudi tidak perlu melakukan kopling seperti mobil manual pada umumnya. Pengemudi hanya perlu menggerakkan tuas perseneling atau tuas gigi secara mudah tanpa harus memikirkan kopling yang bisa membuat mobil anda mengejut jika kopling dilepaskan dengan tidak tepat. Hal ini biasanya yang paling ditakuti oleh pemula saat belajar mengemudi menggunakan mobil manual.

Mobil matic saat ini juga menjadi sebuah solusi kendaraan yang cocok digunakan dalam lingkup kota yang macet karena kendaraan ini tidak membutukhan banyak gerakan kaki seperti saat mengemudi mobil manual. Di daerah macet mobil ini menjadi sangat digemari karena sistem transmisinya yang sangat sederhana oprasionalnya.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mudah belajar mengemudi mobil metik dengan sangat cepat, mungkin anda hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 minggu untuk menguasai cara mengemudikannya.

1. Cara Memindah Transmisi Mobil Matic

Memindahkah perseneling atau gigi mobil metic sangatlah jauh berbeda dengan mobil manual. Jika mobil manual membuthkan gerakan horizontal dan vertikal maka mobil matic hanya membutuhkan satu gerakan yaitu gerakan vertikal naik dan turun. Diambil contoh sistem transmisi otomatis atau matic seperti gambar dibawah ini.

Kalau mobil manual berjumlah transmisi 5 kecepatan maju dan 1 transmisi mundur maka berbeda dengan mobil matik yang biasanya memiliki tiga kecepatan maju, mudur, parkir, dan posisi transmisi netral. Selain itu di tuas transmisi ada sebuah tombol yang berfungsi seperti sebuah kunci atau kopling. Tombil ini hanya perlu di tekan saat mau memindahkan transmisi ke huruf atau angka yang di inginkan.

Huruf P merupakan sebuah singkatan dari parkir atau parking. Dengan mengarahkan tuas ke tanda P maka secara otomatis mobil anda tidak akan bergerak maju dan mundur. Tepat diaplikasikan saat anda berada pada lampu merah atau memarkir mobil anda.

Huruf N merupakan posisi netral atau sistem transmisi anda tidak bekerja sama sekali, sehingga mobil masih bisa bergerak jika anda lupa menarik rem tangan anda saat parkir.

Huruf R atau Return digunakan jika anda ingin memundurkan mobil anda.

Huruf D, 2 dan 1 merupakan tingkat beban kecepatan anda saat mengemudi, angka satu digunakan untuk menempuh medan berat seperti saat menanjak, sisanya dapat digunakan untuk berkendara normal dan mengebut di posisi D.

Perbedaan lain dari mobil manual untuk mobil matik ini biasanya dalam spedometer atau panel yang ada di dasbor anda juga akan mengingatkan posisi transmisi anda ada di posisi berapa, hal ini tentu saja membuat anda lebih mudah mengingat posisi transmisi.

2. Cara Menggunakan Pedal

Sudah jelas berbeda pedal yang ada di mobil metic dengan pedal yang ada di mobil manual. Jumlah pedal yang hanya berfungis sebagai gas dan rem pada mobil metic membuat mobil ini jadi lebih mudah dikendarai bagi pemula yang sedang belajar. Namun tetap saja dalam keadaan yang hati-hati dalam menggunakannya karena semua hal dalam mengemudi memerlukan kehati-hatian dan ada resikonya masing-masing.

Jika saat anda mengemudi mobil manual, saat stater mobil dan ingin memasukkan gigi maka anda perlu menginjak kompling untuk memasukkan gigi dan menginjak rem kemudian melepas kopling lalu gas, cukup rumit tentunya.

Pada saat mobil metic akan distater usahakan berada pada posisi netral, namun biasanya jika tidak ada dalam posisi netral maka tidak akan mau distarter tanpa menginjak rem. Jadi injaklah rem dahulu sebelum measukkan gigi pada posisi maju lalu perlahan melepasnya supaya mobil berjalan, kemudian anda bisa menambah gas bila dirasa kurang ngebut.

Demikianlah cara mudah belajar mengemudi mobil metik yang sangat sederhana, hal-hal lain yang perlu anda perhatikan selain hal ini adalah mengetahui fungsi dari lampu sein/sign yang harus anda hidupkan saat anda hendak berbelok. Intinya pahamilah tata tertib kemanan dalam berkendara. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Incoming search terms:

Komentar