Cara Mudah Belajar

Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Manual

on

Kendaraan roda empat saat ini sudah semakin banyak beredar dengan berbagai merek dan berbagai jenis. Mulai dari jenis mobil hybrid atau mobil listrik, mobil tenaga matahari, mobil tenaga gas, mobil tenaga besin yang identik dengan mobil yang irit bahan bakar dan mobil tercepatnya. Berbagai jenis mobil tersebut saat ini sudah semakin banyak terjun di kehidupan masyarakat. Bahkan mobil menjadi sebuah ciri khas yang menyajikan gaya hidup seseorang menjadi lebih meningkatkan kepercayaan dirinya atau bisa di sebut sebagai tolak ukur deraja seseorang.

Jauh dari hal itu sebenarnya munculnya berbagai macam jenis mobil dengan spesifikiasinya masing-masing tersebut merupakan sebuah kemajuan teknologi yang sepatutnya diberi dukungan yang tinggi sehingga suatu saat negeri ini juga bisa memiliki mobil yang diproduksi sendiri dari karya anak bangsa sendiri.

Mobil yang sudah erat dengan kalangan masyarakat baik tingkat ekonomi yang bawah sampai yang atas juga merupakan salah satu sarana kebutuhan yang menopang hampir 60% distribusi darat yang ada saat ini. Angka yang fantastis tersebut ternyata tidak mengasumsikan bahwa seseorang mampu mengendarai kendaraan darat jenis mobil. Oleh karena itu banyak saat ini beredar diinternet bagaimana cara mengemudi mobil. Oleh karena itu ingin rasanya juga ikut berkonstribusi memberikan cara mengemudi mobil yang pada kesempatan kali ini mobil bertransmisi manual dengan cara yang sederhana.

Cara mudah belajar mengemudi mobil manual dengan cepat dapat dilakukan dengan memahami terlebih dahulu sistem transmisinya. Karena transmisi mobil manual cukup rumit jika dibayangkan, namun akan lebih mudah jika sudah dipraktikan secara langsung. Transmisi mobil manual bisa dicontohkan dengan gambar berikut dibawah ini.

1. Cara Pindah Transmisi atau Gigi

Diambil contoh saja seperti transmisi diatas yang berjumlah 5 tahap kecepatan atau 5 transmisi maju dan 1 transmisi mundur. Cara memindahkan perseneling atau gigi mobil memiliki dua arah yaitu vertikal dan horizontal. Arah Horizontal adalah untuk memilih posisi gigi mana yang akan di gunakan sebelum berikutnya mengarahkan ke arah vertikal baik ke depan maupun ke belakang.

Biasanya jika mobil masih baru posisi standby tuas gigi ini akan tepat berada di tengah antara angka 3 dan angka 4, sehingga untuk memasukkan gigi 3 dan 4 dari posisi netral hanya cukup menginjak kompling dan sedikit mendorong ke depat jika ingin masuk ke gigi 3 dan menarik kebelakang jika ingin masuk gigi 4. Kemudian perlahan menaikkan kopling agar mobil tidak berkejut.

Untuk memindahkan ke gigi 1 ata 2 maka hanya butuh mendorong sedikit tuas secara horizontal ke arah kiri kemudian langsung mendorongnya ke arah vertikal bawah atau atas sesuai gigi atau kecepatan yang anda inginkan. Bagitu juga jika ingin memindahkan ke kecepatan yang ke 5 atau mundur. Dorong secara horizontal ke kanan lalu gerakkan langsung vertikal ke atas atau ke bawah.

2. Cara Menginjak Pedal Kompling, Rem dan Gas

Setalah paham dan mengerti bagaimana cara memindah transmisi atau gigi maka langkah berikutnya adalah memahami pedal yang ada dalam sebuah mobil manual. Ada tiga buah pedal yang tersedia di dalam mobil manual. Pedal sebelah kiri adalah kopling, sebelah kanan adalah gas dan diantara gas dan kopling adalah rem.

Bagian ini sebenarnya lebih mudah daripada cara memindahkan perseneling atau gigi, namun memiliki resiko yang cukup besar karena biasanya pemula cenderung gugup sehingga terlalu kuat menginjak pedal-pedal tersebut dan terlalu panik sehingga bingung membedakan rem, gas dan kopilng. Namun hal ini tidak perlu ditakuti, kendalikan rasa takut anda dengan banyak berlatih menginjak pedal pada saat posisi mobil tidak menyala, bayangkan jika mobil tersebut berjalan lalu ilustrasikan gerakan anda saat gas, rem dan kopling untuk pindah gigi. Cara ini cukup efektif sebagai langkah awal anda sebelum mulai mengemudi, ibarat sebelum berolahraga anda harus meregangkan otot agar tidak kram. Hal ini dilakukan supaya anda tidak mudah panik dan terkejut saat mengemudi di jalanan.

Kembali ke pedal-pedal ini, untuk mengkombinasikan pedal ini supaya dapat dioprasikan dengan baik memang dibutuhkan gerakan yang saling bersinergis. Contohnya saat anda ingin mengganti gigi, maka secara sepontan maka anda harus mengurangi kecepatan dengan menurunkan gas atau melepaskan gas lalu kemudian menginjak dalam-dalam kopilng untuk kemudian memasukkan gigi lalu melepaskannya kembali.

Jika dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya anda melakukan pengereman, maka secara otomatis kaki anda harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang ribet. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau pelan-pelan. Begitulah cara mengendalikannya, mengerjakannya atau mempraktikannya akan lebih mudah ketimbang teorinya.

3. Cara Memegang Kemudi yang benar

Memeng kemudi yang benar tentu saja dengan menggunakan dua tangan yang berada di sisi kanan dan kiri stir atau kemudi mobil. Karena dengan posisi tersebut anda dapat dengan mudah mengontrol gerakan-gerakan yang terjadi secara tiba-tiba apabila mobil anda mengenai lubang, sehingga dengan dua tangan anda dapat menstabilkan dengan mudah. Jika anda pernah melihat pengemudi yang menggunakan cara satu tangan saat menyetir sebaiknya disiplinkan diri anda agar tidak meniru hal tersebut.

Dengan meletakkan kedua tangan anda diposisi yang tepat disamping kanan dan kiri kemudi maka dengan mudah anda juga dapat menraik tuas untuk lampu sein/sign kanan dan kiri, serta melakukan lampu dim atau menghidupkan lampu mobil anda.

Demikianlah secara singkat cara mengemudikan mobil manual dengan mudah dan sederhana bila dipraktikkan. Untuk cara mudah belajar mengemudi mobil matic akan dibahas dalam posting berikutnya.

Incoming search terms:

Komentar