Bisnis

Cara Mudah Belajar Membuat Proposal Usaha bagi Pemula

on

Membuat proposal usaha bagi para pemula yang baru akan memulai usahanya itu bukan hal yang mudah, namun juga bukan hal yang sulit apabila kita mau mencobanya. Proposal usaha merupakan suatu dokumen yang tertulis berisi gambaran mengenai usaha yang direncanakan. Rencana usaha yang tertuang dalam proposal tersebut nantinya akan diajukan kepada para investor/ penyedia modal atau pihak-pihak lain yang dapat dijadikan sasaran untuk bekerja sama dan bisa memberikan modal pada para pemula usaha.

Proposal usaha berfungsi untuk membantu kita menggambarkan usaha yang akan kita jalani agar investor maupun pihak lain mengetahui secara rinci usaha kita. Proposal usaha yang diterima/ disetujui akan menentukan keberlanjutan usaha kita.

Usaha yang dilakukan oleh para pemula usaha biasanya dalam skala yang kecil. Ada juga para pemula usaha yang langsung membuka usahanya dalam skala besar, namun dengan pertimbangan sudah memiliki modal yang cukup besar pula dan berbagai persiapan lainnya. Bagi mereka para pemula dengan modal terbatas untuk usahanya tidak perlu khawatir. Anda dapat membuat suatu proposal usaha pengajuan permohonan dana kepada para investor/ pihak lain yang dapat menyediakan dananya demi keberlanjutan usaha kita.

Tidak semua investor/ pihak penyedia dana lainnya dengan mudah memberikan dana kepada kita hanya dengan memberikan proposal usaha kita, namun kita harus sebisa mungkin meyakinkan mereka akan usaha yang sedang dibangun ini.

Cara membuat proposal usaha dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
(1) Ada halaman judul,
(2) Pendahuluan, berisi latar belakang, tujuan, dan gambaran secara ringkas usaha yang akan dijalankan,
(3) Profil Usaha, berisi jenis usaha, nama usaha, dan lokasi dari usaha kita,
(4) Struktur Organisasi, bila tidak ada struktur dapat berisi informasi mengenai jumlah anggota/ pegawai dalam usaha tersebut,
(5) Produk Usaha, berisi jenis produk, proses pembuatan produk, dan keunggulan produk tersebut,
(6) Target pasar,
(7) Promosi dan Pemasaran,
(8) Laporan Keuangan, berisi alokasi dana, perhitungan laba, dan perhitungan bagi hasil,
(9) Penutup, dan
 (10) Lampiran, berisi biodata pemilik usaha dan surat perjanjian.

Incoming search terms:

Komentar