Agama

Cara Mudah Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula

on

Cara mudah belajar bahasa arab bagi pemula perlu memperhatikan beberapa hal. Yang pertama adalah, sebelum mempelajari bahasa Arab, kita harus memiliki keyakinan dan niat yang teguh ingin mempelajari bahasa Arab. Karena, jika tanpa niat dan keyakinan yang teguh, semangat untuk mempelajari bahasa Arab yang anda miliki akan mudah goyah dan padam.

Selanjutnya, untuk mempelajari suatu bahasa tentunya harus bertahap. Tidak mungkin seseorang mampu menguasai bahasa lain secara langsung tanpa mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar dari bahasa tersebut. Begitu juga dengan bahasa Arab, kita harus menguasai dasar-dasar bahasa Arab bagi pemula untuk dapat mengerti bahasa Arab lebih jauh.

Cara mudah belajar suatu bahasa adalah memulai belajar dari tingkat termudah atau tingkat paling dasar. Mempelajari bahasa dari tingkat paling dasar akan lebih cepat dan lebih mudah dimengerti. Anda tentunya sudah mengenal konsep 5 W 1 H yang dipakai dalam bahasa inggris. Konsep ini juga berlaku sebagai konsep dasar bahasa Arab. Misalnya, setiap kalimat bahasa Arab yang diawali dengan “لِمَاذ” berarti merupakan kalimat tanya “bagaimana” dan harus dijawab dengan kata “لِأنَّ” atau “لِ”.

Begitu juga dengan kalimat tanya yang lain, kalimat tanya bahasa Arab yang lain juga memiliki aturan-aturan dasar yang baku. Selain itu, bahasa Arab selalu membedakan kata atau akhiran kata yang dipakai sesuai dengan jenis kelaminnya. Agar dapat mempelajari bahasa Arab dengan mudah, kita juga harus mulai mencari, memahami dan menghafal bagaimana perubahan kata dalam bahasa Arab.

Semua itu mungkin terkesan sulit dan susah untuk dimengerti. Akan tetapi, jika anda membangun suasana belajar yang menyenangkan, kesan sulit dan susah akan hilang dengan sendirinya. Membuat poster-poster kecil, menempelkan daftar kosa kata, dan membuat bagan perubahan kata kerja dan kata benda bahasa Arab di tembok kamar akan membuat anda mudah dalam mengingat dan menghafal kosa kata bahasa Arab. Selain itu, carilah teman yang sama-sama belajar bahasa Arab untuk mempraktikan kemampuan berbicara anda sehingga anda dapat mengasah kemampuan bahasa Arab anda.

Incoming search terms:

Komentar