Motor

Cara Modifikasi Motor Listrik Menjadi Lebih Modern

on

Semakin menipisnya cadangan bahan bakar minimnya atau BBM membuat orang-orang semakin berinovasi menciptakan kendaraan bermotor dengan bahan bakar alternatif lain selain BBM. Salah satu wujud dari inovasi tersebut adalah motor listrik. motor listrik merupakan motor yang digerakkan dengan dinamo. Motor listrik dapat mencapai kecepatan 60km/jam. Dan jarak tempuh hingga 80 km. 
Dalam artikel ini kita akan membahas cara modifikasi motor listrik menjadi generator. Seperti yang kita ketahui, motor listrik menggunakan dinamo dalam pengoperasiannya. Motor listrik bekerja atas dasar Hukum Medan Magnet. Motor listrik dapat menanjak dengan tingkat kemiringan 30 derajat. 
Diperlukan waktu selama kurang lebih 8 jam untuk mengisi baterai motor listrik sampai penuh. Tidak diperlukan waktu khusus dalam pengisian daya listrik atau baterai pada motor listrik atau dengan kata lain motor listrik dapat diisi ulang kapan saja. Motor listrik juga dilengkapi dengan rem cakram, lampu sein, lampu jarak jauh-dekat, seperti pada motor berbahan bakar bensin pada umumnya.

Nah setelah melihat deskripsi singkat tentang motor listrik, berikut adalah beberapa cara modifikasi motor listrik agar lebih modern. Tampilan motor listrik yang cenderung terlihat lebih seperti sepeda dibandingkan sepeda motor membuat orang-orang enggan untuk memakainya. Bodinya yang kurang stylish dan terlalu kecil membuat orang tidak percaya diri jika akan menggunakannya. Untuk itu jika anda mempunyai motor listrik dengan tapilas seperti yang saya jabarkan tadi, ada baiknya jika anda memodifikasi motor anda. 
Ada beberapa cara modifikasi motor listrik, salah satunya adalah dengan mengubah body. Anda dapat mengubah body motor listrik menyerupai motor matic. Sebelum mengganti body motor konsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.  Perusahaan ternama seperti Yamaha telah terlebih dahulu menciptakan motor listrik yang futuristic.
Anda dapat mengubah beberapa bagian motor seperti pada lampu depan motor, dashboard motor, roda dan pada bagian-bagian lain yang memungkinkan untuk diganti dengan suku cadang yang lebih modern. Namun yang harus anda perhatikan adalah agar tidak mengubah body motor listrik menjadi lebih besar karena itu akan menghambat laju kecepatan dan performa dari motor listrik tersebut. 

Contoh gambar modifikasi motor listrik

Untuk daya, anda dapat mengganti baterai penyimpanan daya. Terdapat beberapa jenis baterai, seperti accu kering, LiFePO4 dan lain-lain. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan LiFePO4 karena selain dapat di charge kapan saja, jenis baterai ini juga tidak mudah rusak.
Kelebihan lainnya adalah baterai ini memiliki umur yang lebih tahan lama. Itulah ulasan  mengenai beberapa cara modifikasi motor listrik. Apa bila tampilan motor listrik dapat sekelas dengan motor berbahan bakar minyak, tidak menutup kemungkinan banyak orang yang akan beralih ke motor listrik ini, karena selain lebih murah, motor listrik juga tidak menyebabkan polusi udara.

Incoming search terms:

Komentar