Engineering

Cara Merawat Motor Vespa dengan Baik dan Benar

on

Kendaraan bermotor memang seakan menjadi salah satu barang penting yang sangat anda banggakan terutama jika anda memiliki sebuah motor klasik yang sudah tidak diproduksi lagi. Motor Vespa adalah salah satu motor klasik dan cukup tua di Indonesia yang sangat memerlukan cara merawat motor Vespa dengan baik dan benar sehingga mesin motor kesayangan anda tersebut tidak akan mudah rusak. Memiliki motor Vespa merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang dapat dikatakan bahwa jenis motor ini adalah motor yang sangat prestisius sehingga harus dijaga dengan baik. Cara merawat pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan penggantian oli mesin minimal 2 bulan sekali. Oli tersebut sangatlah penting peranannya bagi kinerja mesin motor Vespa anda.
Oli ini akan melumasi bagian mesin sehingga dapat menghasilkan tenaga yang nantinya akan dikonversikan menjadi energi untuk menggerakkan vespa. Pada saat tersebut, mesin akan mengalami gesekan dan hal lainnya yang dapat membuat suhu mesin menjadi cepat panas. Jika oli tersebut tidak anda ganti secara berkala maka dapat dipastikan mesin motor Vespa anda akan cepat panas dan dalam jangka waktu berikutnya mungkin mesin tersebut akan rusak. Cara merawat motor Vespa dengan baik yang kedua adalah membersihkan busi secara teratur. Busi merupakan salah satu komponen yang berpengaruh besar terhadap sistem kelistrikan mesin. Jika busi ini tidak berfungsi dengan baik maka mesin pun tidak akan berjalan secara optimal. Anda tidak perlu mengganti busi ini karena ada cara lain yang dapat anda lakukan untuk menghemat pengeluaran anda saat melakukan tindakan perawatan motor Vespa yang anda sayangi ini.
Periksalah busi tersebut secara berkala. Jika terdapat kotoran yang dapat mengganggu kinerja busi maka harus dibersihkan dengan menggunakan minyak tanah atau bensin. Bersihkanlah busi tersebut hingga betul-betul bersih sehingga masalah kelistrikan yang sewaktu-waktu dapat mengganggu mesin motor Vespa anda dapat diminimalisir. Cara merawat motor Vespa dengan baik yang ketiga adalah membersihkan karburator. Cara membersihkan bagian ini terbilang cukup mudah dan pastinya bagi anda yang memang sudah sering mengotak-atik motor pasti bisa melakukannya. Anda harus membersihkan bagian spuyer dan setiap bagian yang ada pada bagian karburator menggunakan compressor sehingga kotoran yang melekat dapat hilang.

Incoming search terms:

Komentar