Motor

Cara Merawat Motor Elektrik Agar Tidak Cepat Rusak

on

Motor Elektrik merupakan salah satu jenis motor yang ramah lingkungan karena tidak membutuhkan bahan bakar seperti motor pada umumnya. Hal ini membuat siapa saja harus lebih teliti dalam usaha atau cara merawat motor elektrik. Penanganannya tentu akan sangat berbeda dengan motor biasa disebabkan karena ada beberapa perbedaan yang mendasar yang memang membedakan motor listrik dengan motor pada umumnya. Baterei sebagai tenaga penggerak utama harus dijaga dengan baik agar tidak cepat menimbulkan masalah atau kerusakan.
Menjaga Energi Baterai
Untuk menjaga baterei agar mengeluarkan energi yang hemat, maka anda harus memastikan pemakaian rem pada motor listrik tidak memiliki masalah, karena sistem rem yang memiliki masalah tentu akan membuat baterei menjadi lebih cepat habis.

Pengisian Baterai Yang Tepat
Selanjutnya usahakan anda mencharging baterai sebelum baterei hampir habis, dan anda sebaiknya tidak membiarkan kendaraan anda dalam keadaan baterai kosong dalam jangka waktu yang lama. Anda juga harus senantiasa memperhatikan durasi pengisian baterei, usahakan jangan berlebihan.

Kontrol Akselerasi
Cara merawat motor elektrik agar pemakaian baterei tetap hemat adalah dengan cara menghindari penggunaan akselerasi mendadak. Akselerasi mendadak dalam sebuah kendaraan listrik akan membuka gas secara penuh dan akan mengalirkan energy maksimum sehingga baterai akan cepat habis dan juga berpotensi untuk cepat rusak.

Pengecekan Rutin
Selanjutnya untuk senantiasa merawat kendaraan listrik anda, anda juga harus segera melakukan diagnosa ketika anda merasa ada yang salah dengan motor anda. Gejala-gejala seperti tenaga yang mulai menurun, baterei cepat habis, dll harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah di bagian yang lain.  Selain itu, anda juga harus memperhatikan cracking ampere dan kapasitas baterei untuk senantiasa menjaga baterai agar tidak cepat rusak. Hal-hal yang telah dijelaskan di atas merupakan tahap yang paling mudah dan awal untuk senantiasa menjaga motor elektrik anda. jika anda tidak mampu merawat motor elektronik anda sendiri, ada baiknya anda rutin menservis motor anda ke bengkel yang berkualitas agar kenyamanan anda menggunakan motor elektrik tetap terjaga. Cara merawat motor elektrik sebenarnya lebih mudah asalkan anda bisa mengerti komponen-komponen apa saja yang mendukung motor elektrik anda.

Incoming search terms:

Komentar