Busi

Cara Merawat Busi Kendaraan Anda Agar Tetap Oke

on

Merawat busi kendaraan bermotor sama saja seperti manusia merawat organ jantung dalam kehidupannya. Dalam artian busi adalah salah satu komponen yang penting karena tanpa adanya busi pasti kendaraan bermotor anda tidak akan bisa berjalan. Busi memang komponen yang kecil tapi sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan anda. Kadang busi yang menyala pun tidak memberikan hasil yang bagus karena tidak sesuai dengan kebutuhan dari kendaraan anda.

Masyarakat pada umumnya percara bahwa produk untuk balapan atau racing pasti baik jika diterapkan ke semua jenis kendaraan, padahal itu salah besar. Busi umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu busi dingin dan busi panas. Busi dingin biasa dipakai di kendaraan dengan kebutuhan ketahanan yang tinggi seperti balapan, sedangkan busi panas masih cukup untuk dipakai di kendaraan harian.

Fungsi utama busi adalah menghasilkan percikan api yang berguna untuk membakar bahan bakar di ruang bakar. Setelah udara bercampur bahan bakar masuk ke ruang bakar dan kemudian dikompresi sampai titik maksimal maka busi akan menyala menghasilkan percikan api yang membuat bahan bakar meledak dan mendorong piston.

Jika melihat prinsip kerjanya busi harus dalam keadaan bersih agar bisa menghasilkan api yang baik untuk membakar. Perawatan busi pada kendaraan bermotor sebenarnya cukup sederhana. Dimulai dari menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan oktan ruang kompresi. Dengan oktan atau kualitas yang sesuai maka busi tidak perlu bekerja terlalu keras sehingga lebih awet.

Membersihkan busi kendaraan bermotor dua langkah dan empat langkah sedikit berbeda. Untuk perawatan busi kendaraan dua langkah atau dua tak anda harus sering membersihkan busi dari kerak oli secara berkala. Cukup buka busi dengan kunci busi kemudian sikat dengan sikat kawat dan bersihkan kutub besi dengan amplas, kemudian ditutup dengan mencuci busi di bensin agar kotoran larut. Sedangkan untuk busi mesin empat langkah perawatannya tidak terlalu repot dan tidak terlalu sering. Anda bisa membuka busi kemudian cukup amplas bagian kutub besi dengan amplas dan dibilas dengan bensin.

Incoming search terms:

Komentar