Batu Akik

Cara Merawat Batu Akik Yang Benar

on

Cara merawat batu adalah hal yang terkadang susah untuk dilakukan oleh kebanyakan orang, padahal perawatan pada batu ini menjadi hal yang pokok dan mesti diketahui oleh setiap orang terutama para kolektor batu permata. Tidak sulit sebenarnya kalau anda ingin mempelajari dan melakukannya setiap hari. Pada artikel ini jelas akan penulis paparkan tentang langkah perawatan batu yang baik dan benar sesuai dengan prosedurnya yang seharusnya.
Cara pertama adalah mencuci memakai sabun dan digosok – gosokkan, lalu bilas menggunakan air hangat, terakhir keringkan dengan handuk yang kering.
Cara kedua yaitu pada saat tidur hendaknya melepaskan semua perhiasan yang anda pakai. Ini ditujukan agar perhiasan tidak melukai anda dan perhiasan menjadi lebih terawat.

Baca juga : Cara Menuakan Batu Akik

Cara ketiga adalah simpan baik – baik batu akik tersebut dari aktifitas kimiawi dan aktifitas fisik. Maksudnya adalah jauhkan saat anda sedang memakai zat kimia, contoh mencuci baju, mencuci mobil.
Selain itu juga jangan memakainya saat sedang berolahraga karena efek dari keringat. Zat kimia dan keringan yang terkena pada batu akik itu akan menyebabkan batu akik menjadi berubah warna dan tidak terawat dengan baik.
Langkah lainnya adalah jangan memakai batu permata atau akik saat anda sedang berdandan. Terkena perlengkapan kosmetik bisa membuat batu akik menjadi berkurang kilau dan warnanya karena zat kimia itu yang menyebabkan penutupan kilau dari batu akik itu sendiri.

Baca juga : Cara Mengkilapkan Batu

Cara lain yang lebih baik adalah sering – seringlah di poles ulang ke tukang poles batu supaya kilap dan warna batu terjaga dan terhilangkan dari zat – zat yang merusak penampilan dari batu akik. Lebih murah lagi kalau anda punya alatnya sendiri jadi tinggal di poles setiap hari atau setiap minggu sekali guna hasil yang bagus.
Pemilihan wadah untuk beberapa batu akik anda haruslah yang mempunyai pembatas sehingga batu akik yang satu dan lainnya tidak bersentuhan secara langsung. Demikian saja penjelasan dari penulis, semoga artikel ini bisa membantu anda melakukan perawatan batu akik dengan benar.

Komentar