Bacan

Cara Merawat Batu Akik Bacan Hitam

By

on

Batu akik bacan hitam adalah salah satu batu akik bacan yang mempunyai warna dasar hitam. Warna hitam ini adalah warna yang eksotis dan menarik apalagi jika kilapnya sangat bagus menyerupai kaca maka tentu batu bacan berwarna hitam ini akan memiliki nilai jual tinggi.
Berbeda jika batu bacan berwarna dasar hitam ini kita rubah menjadi hijau dengan melakukan perawatan – perawatan yang tepat. Pastinya akan menjadikan nilai jualnya lebih tinggi dari pada sebelumnya, selain itu keindahannya juga akan terpampang secara langsung.
Pada artikel ini akan penulis sajikan beberapa langkah – langkah yang sesuai untuk merawat batu bacan hitam ini sampai bisa berubah warna menjadi hijau.
Langkah – langkah tersebut diantaranya adalah perendaman batu bacan hitam pada air selama jangka waktu 3 hari maksimal. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan minyak, mineral dan zat – zat kimia yang ada didalam batu bacan hitam yang notabene sebagai pengotor. Kalau sudah lap dengan kain lap atau tisu yang kering secara menyeluruh sampai kering.
Langkah selanjutnya yaitu lap memakai kulit asli. Ini berfungsi supaya zat – zat yang tadi sudah dikeluarkan saat proses perendaman bisa hilang dan tidak menempel lagi secara permanen. Kalau sudah silahkan jemur bacan hitam ini dibawah sinar matahari atau menggunakan alat – alat seperti hair dryer atau setrika. Pemanasan ini agar bacan hitam bisa berubah menjadi bacan biru atau hijau yang mengkilap.
Langkah selanjutnya kalau sudah mulai menghijau atau membiru maka anda rendam ulang lagi dengan ari untuk mengeluarkan zat – zat kimia atau kapur lagi sampai zat tersebut naik keatas permukaan air. Kalau sudah bisa di lap lagi memakai kain atau tisu kering sampai benar – benar kering.
Itu saja langkah – langkahnya, lakukan secara berkala dan rutin tiap minggunya supaya hasil yang diperoleh bisa bagus, lalu bisa terjual dengan harga batu bacan yang  fantastis. Itu saja yang bisa disampaikan tentang perawatan yang bisa dilakukan pada batu bacan hitam, semoga bisa diterapkan langsung.

Komentar