Bisnis

Cara Mengolah Emas Dengan Proses Amalgamasi

on

Apakah anda tahu cara mengolah emas yang benar? Baik kaum hawa maupun adam pasti sebagian menyenangi logam mulia ini. Tapi tahu tidak kalau memproses emas itu banyak caranya, salah satu caranya yaitu dengan proses amalgamasi. Yaitu dengan cara mencampurkan air raksa denga bijih emas hingga terbentuk Au-Hg yang sering disebut amalgam emas raksa. Amalgam ini kemudian dibakar, fungsi pembakaran ini yaitu untuk mendapatkan logam emas karena dengan pembakaran ini air raksa akan menguap. Kalian juga harus tahu kalau proses amalgamasi yang menggunakan air raksa ini juga sering disebut pengolahan emas dengan merkuri.

Karena mengolah emas dengan proses amalgamasi ini merupakan proses yang mudah dan sederhana maka ukuran partikel emas yang diprosespun hanya yang memiliki teliberasi penuh saja. Pengolahan amalgamasi ini juga banyak dipraktekkan oleh pertambangan rakyat. Kapan proses amalgamasi ini dilakukan? Jawabannya yaitu ketika proses penggerusan. Pada proses ini bijih emas akan tercampur dengan merkuri maka percampuran akan lebih efektif. Perlu diketahui juga melakukan pengolahan emas menggunakan metode ini tidak boleh sembarangan, biasanya ada tempat khusus yang digunakan untuk memproses emas dengan metode ini.

Selanjutnya mengolah emas ini memang tidak tanpa resiko, yaitu penggunaan mekuri dalam proses ini kita ketahui dapat membehayakan pekerja dan alam, maka penting untuk pekerja baik menjaga keselamatan diri dan alam. Keselamatan diri ini bisa berupa penggunaan peralatan yang safety untuk menambang, gunakan sarung tangan, dan mulut untuk kesehatan dan keamanan. Lakukan upgrading untuk meminimalkan penggunaan merkuri. Ini dapat dilakukan dengan metode gravitasi contohnya palong, shaking table, jig consentrator dan yang lainnya ini merupakan hal yang efektif untuk meminimalkan penggunaan merkuri.

Jika selesai dalam melakukan penambangan sudah selesai hal yang tidak boleh dilupa adalah proses reklamasi, agar tidak merusak lingkungan hal ini dapat dilakukan dengan cara penanaman pohon kembali agar bisa menjadi tempat sebelumnya. Biasanya proses reklamasi ini menggunakan cara mengangkat tanah humus atau subur gunanya untuk mengembalikan tanah pada awalnya.

Incoming search terms:

Komentar