Batu Akik

Cara Menggosok Batu akik menjadi Berkualitas

By

on

Macam-macam batu tentu beda tingkat kesulitan nya, apa lagi sekelas batu permata. Kebanyakan para pengraji batu akik sering mengeluh  saat menggosok batu sekelas permata. Karna tingkat kekerasan batu permata 6 sampai 7 mons.
Cara membentuk batu akik yang berkualitas salah satu nya dengan memilih bagian dari bahan batu yang akan di potong. Pilih bagian dalam nya yang warna dari batu tersebut menggumpal. Cetak batu dengan bagian atas berbentuk oval dan yang paling harus di perhatikan untuk bagian bawah berbentuk mengerucut. 
Kenapa bagian bawah harus mengerucut  karna batu sejenis batu permata  sering di ikut sertakan dalam perlombaan batu akik. Dan disitulah nilai yang menjadikan batu tersebut menjadi berkualitas tinggi. Menggosok batu akik terutama sejenis permata gunakan amplas yang kasar untuk tahap awal.
Dan sudah benar – benar terbentuk oval di bagian atas aluskan dengan amplas sedang, jangan lupa gunakan amplas sedang untuk tahap bagian akhir nya. Hati – hati dalam menggunakan gerenda saat memotong batu permata apa bila sudah tergores batu permata yang sudah mengkilap.Anda akan susah memperbaiki nya lagi bisa – bisa akan pecah.

Butuh ketelatenan yang besar untuk membentuk batu sejenis permata, salah sedikit sulit untuk merapihkan nya lagi beda dengan batu akik yang bukan tergolong batu permata. Jika ingin membentuk semua batu akik menjadi berkualitas tinggi.
Kunci –kunci membentuk semua jenis batu akik manjadi berkualitas tinggi adalah pilih dan lihat serat batu anda. Pilih serat batu yang bila di pakai di jari tangan fertikal jangan horizontal.karna di situ salah satu pamor yang timbul dari batu akik anda.
Ambil bagian daging nya saja yang warna nya menggumpal pekat dan motif yang tebal.kenapa bagian daging nya karena bagian daging batu akik anda sudah tua dan secara tidak sadar di batu akik anda sudah bertuah apabila itu tepat di dalam batu akik anda yang bagian daging atau tengah nya.

Komentar