Batu Akik

Cara Mengetahui Perbedaan Batu Pirus Asli atau Palsu

By

on

Memiliki batu akik pirus merupakan salah satu hal yang wajib didambakan oleh para pecinta batu akik atau kolektor batu akik maka batu ini tidak boleh terlewatkan dari koleksi anda karena batu akik pirus memiliki nilai sejarah yang tinggi bak sebuah pusaka yang langka.
Batu pirus tergolong jenis batu mulia berjenis permata dilihat dari unsur kandungan yang menyusun batu pirus tersebut. Beberapa unsur logam mulia seperti emas juga masuk dalam struktur penyusu batu pirus. Tingkat kekerasan dari batu pirus ini berada pada skala 5-7 mohz.
Selain itu batu pirus juga memiliki guratan yang sangat menarik disamping warnanya yang mempesona. Guratan-guratan atau motif dari batu pirus tersebut menjadi salah satu hal yang menjadi tandingan dari para pecinta dan sesama pemilik batu akik jenis pirus karena guratan atau motif dari batu akik pirus tersebut sangat menarik.
Batu Pirus aslinya memiliki nama Fairus yang berasal dari bahasa Ibrani. Beberapa orang mengatakan nama batu pirus berasal dari Turki apabila dilihat namanya namun kenyataanya batuan jenis pirus ini juga banyak tersebar sejak zaman dahulu di benua Amerika yang digunakan oleh suku Indian saat mengadakan upacara adat dan upacara keagamaan serta juga digunakan untuk menghias topeng.
Terlepas dari sejarah batu akik pirus tersebut ternyata keindahan batu akik pirus dan kelangkaan batu akik jenis ini banyak yang menyalah gunakan dengan mencuri kesempatan dari ramainya pecinta batu akik yang mengidamkan batu pirus sehingga para oknum tidak bertanggung jawab membuat tiruan dari batu ini dengan berbaga cara agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Bagi para pemula yang baru terjun didunia gemstone sebaiknya sebelum membeli batu jenis apapun pahami terlebih dahulu hal-hal terkait dengan kecurangan yang bisa dilakukan oleh seseorang dalam memanipulasi hal seperti demikian.
Untuk mengetahui karakteristik atau jenis batu pirus yang asli ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan dan mudah-mudahan membawa manfaat. Berikut ini cara atau kiat-kiat yang bisa anda lakukan agar tidak salah membeli batu :
  1. Batu akik jenis ini merupakan golongan batu akik ekonomi tinggi sehingga sebaiknya saat membeli batu tersebut mintalah sertifikatnya.
  2. Gunakan alat ukur apapun yang anda miliki seperti pengukur kekerasan ataupun tingkat kirstalisasai dan lainnya.
  3. Pastikan anda sudah banyak memiliki literature jenis-jenis batu akik terkait dengan batu pirus
  4. Dapatkan kisaran harga rata-rata sebelum anda memastikan harga untuk batu pirus yang anda incar
  5. Jangan sampai anda elemen lain seperti minyak, air atau apapun yang menempel pada batu yang akan anda beli.

Selain hal di atas yang selanjutnya adalah mengetahui perbedaan batu akik pirus yang asli dan palsu yang bisa anda lakukan sebelum membelinya dengan cara berikut :
  1. Tempelkan batu pirus pada bibir anda dan apabila batu pirus itu asli maka batu tersebut akan terkesan menggigit atau melekat pada bibir anda. 
  2. Jika anda menemukan batu tersebut dalam bentuk bahan maka saat mengolah batu tersebut maka akan tercium aroma material logam yang tidak nyaman terasa di mulut anda.
  3. Gunakan tes umum benda sintetis seperti menempelkan besi atau jarum panas pada permukaan batu, jika warnanya berubah maka dapat dipastikan batu itu palsu (namun biasanya tidak terlalu mendapatkan rekasi yang baik karena beberapa bahan sintetis sudah di rancang tahan panas)

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda lakukan terkait dengan cara membedakan batu akik pirus yang asli dan paslu. Semoga dapat memberikan pencerahan dan dapat membantu anda.

Incoming search terms:

Komentar