kesehatan

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah

on

Cara untuk mengatasi Insomnia – Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat anda selalu tidur larut malam bahkan tidak bisa tidur semalaman. Tips-tips yang bisa anda lakukan untuk menghindari insomnia adalah sebagai berikut. Yang pertama, hindari tidur dengan cahaya yang terang.
Cahaya dari lampu sangat mempengaruhi produksi hormone melatonin sehingga membuat anda tidak dapat tidur dengan nyenyak. Sebaiknya matikan TV, komputer, lampu, atau apa pun yang dapat membuat terang kamar anda.
Cara selanjutnya adalah hindari sering melihat jam. melihat ke arah jam akan membuat anda khawatir karena durasi tidur anda terlalu singkat dan hari esok sangatlah sibuk. Tidur saja dengan nyaman tanpa memikirkan tekanan-tekanan apa pun.

Selanjutnya hindarilah kafein 9 jam sebelum tidur. Telah menjadi rahasia umum bahwa zat kafein dapat memuat anda susah tidur. Minuman yang mengandung kafein tidak hanya kopi, melainkan cola, coklat, teh, atau kopi tanpa kafein sekalipun. Oleh karena itu penting sekali menghindari minuman berkafein sebelum tidur. Selanjutnya atur jadwal tidur anda dengan baik.
Hindari tidur siang terlalu lama serta hindari tidur di sore hari karena ini akan menyebabkan anda susah tidur di malam harinya. Olahraga secara teratur. Selain bermanfaat untuk kesehatan, olahraga juga dapat sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan tidur larut malam. Anda pun bisa melakukan olahraga seperti yoga atau tai chi supaya membuat anda lekas tidur.
Cara mengatasi Insomnia selanjutnya adalah dengan menetralisir suara. Suara anjing menggonggong, kendaraan bermotor, dan lainnya pasti akan membuat anda tidak bisa tidur. Oleh karena itu anda perlu menetralisir suara dengan cara mengimbanginya dengan musik kesukaan anda. Lalu, jangan merokok sebelum tidur. Sama halnya dengan kafein, rokok memiliki zat nikotin yang akan membuat anda terjaga lebih lama.

Selanjutnya relaksasikan pikiran anda sebelum tidur. Jangan tidur dengan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing karena dapat membuat anda tidak lekas tidur. Selain itu, hewan peliharaan juga dapat membawa debu, kutu, dan kotoran lainnya ke dalam ranjang. Yang terakhir adalah bersihkan tempat tidur anda secara rutin supaya anda bisa tidur dengan nyaman

Komentar