Kehamilan

Cara Mendapatkan Tidur Yang Nyenyak Selama Kehamilan

on

Kehamilan merupakan sebuah keajaiban bagi sebagian besar wanita. Mereka bahagia karena sedang menungu datangnya anak mereka. Namun dibalik kebahagiaan tersebut, kehamilan juga merupakan sebuah tantangan. Anda harus selalu merasakan sakit selama kehamilan. Beberapa gejala kehamilan bisa membuat anda merasa tak nyaman dan membuat anda kekurangan waktu tidur. Kehamilan dapat menyebabkan beberapa gangguan tidur seperti mual, kram pada kaki, panas, maupun mendengkur. Kekurangan waktu tidur mungkin merupakan hal yang biasa bagi sebagian wanita hamil, namun jika kondisi tersebut semakin memburuk, maka kekurangan tidur bisa memberikan pengaruh pada kesehatan anda. Maka dari itu sebaiknya anda mengetahui beberapa tips mengenai bagaimana caranya untuk dapat tidur nyenyak selama kehamilan.
Hal Yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak
Jika anda suka merokok dan minum minuman beralkohol, maka sebaiknya anda menghentikan kebiasaan tersebut selama kehamilan. Nikotin serta alkholol sangat berbahaya bagi bayi yang ada didalam kandungan. Alkohol dan nikotin juga bisa membuat anda sulit untuk tidur. Nikotin merupakan zat stimulan yang bisa menyebabkan tidur anda tidak nyenyak. Hal lain yang bisa membantu anda tidur nyenyak adalah mengurangi konsumsi kafein. Kafein dapat membuat anda sulit tertidur. 
Beberapa minuman yang mengandung kafein adalah kopi, cokelat, dan juga soda. Jadi hindarilah kafein sebisa mungkin selama kehamilan. Saat anda hamil, anda selalu ingin pergi ke kamar mandi untuk buang air. Bahkan pada saat anda tidur pun, keinginan untuk buang air selalu muncul. Untuk menguranginya, anda sebaiknya tidak terlalu banyak minum sebelum tidur.
Hal-hal Lain Yang Mempermudah Tidur
Ada beberapa hal lain yang bisa anda lakukan untuk mempermudah tidur anda. Sebaiknya anda tidak makan dalam porsi berat pada saat menjelang tidur. Sebaiknya anda hanya makan makanan kecil sebelum tidur. Makanan tersebut akan membantu meredakan mual. Sehingga anda tidak akan terbangun tengah malam karena mual yang bisa tiba-tiba muncul. Jika anda merasa capek, sebaiknya anda menyempatkan diri untuk tidur siang sekitar 30 hingga 60 menit. Namun jangan terlalu lama karena akan menyebabkan sulit tidur di malam hari

Komentar