Otomotif

Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mogok Akibat Kehabisan Bahan Bakar

on

Sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi ijeksi memang akan sulit di hidupkan kembali jika sudah kehabisan bensin atau bahan bakar. Mengapa sususah di hidupkan kembali?, Karena bahan bakar memerlukan waktu untuk mengisi selang saluran bahan bakar hingga sampai ke nozle injeksi. Pada saat selang saluran bahan bakar ini kosong maka mesin motor tidak akan mau hidup kembali.

Untuk anda yang sudah paham dengan teknologi injeksi konvensional pasti mengerti. Kita melihat ke teknologi mesin diesel atau solar. Solar dari tangki di sedot oleh pompa injection yang kemudian di salurkan ke pompa nozel pengebut. Nah pada saat tangki bahan bakar kosong, maka saluran akan kosong dan di situlah akan ada udara. Ketika saat diisi bahan bakar kembali, maka jika pada mesin diesel jaman dulu harus di buang terlebih dahulu anginnya hingga saluran bahan bakar terisi dan solar pun bisa sampai ke pompa injector. Hal tersebut sama seperti teknologi injeksi jaman sekarang.

Lalu bagai mana jika pada injeksi sepeda motor. Jika motor injeksi terjadi kehabisan bahan bakar maka akan sama seperti yang terjadi pada mesin diesel, saluran bahan bakar kosong. Hah itu lah bedanya ketika tangki di isi bahan bakar kembali maka full pump yang berada di dalam tangki motor akan langsung memompa kembali bahan bakar dengan melalui saluran bahan bakar. Hanya saja di sini akan ada jeda waktu hingga saluran bahan bakar kembali terisi. Tidak perlu anda membuang angin pada system injeksi motor anda. Karena menurut informasi yang kami dapatkan, pada system injeksi motor bahan bakar yang di pompakan menggunakan system ne way. Contohnya saja pada motor Honda, bahan bakar setelah sebelumnya melalu filter di pompa dengan menggunakan tekanan yang berkisaran pada angka 249 kPa, tekanan akan dikurangi dengan cara mengeluarkan sebagai cairan yang dipompa dan di alirkan kembali ke tangki dengan menggunakan regulator.

Cara mengihidupkan kembali motor injeksi ketika kehabisan bahan bakar :

  • Isi kembali bahan bakarnya.
  • Putar kunci kontak motor.
  • Diam beberapa saat, lalu kemudian biasanya pompa dalam tangki akan berbunyi, dan itu menandakan pompa sedang bekerja kembali mengisi saluran bahan ┬ábakar yang kosong akibat kehabisan bahan bakar.

Jika motor injeksi anda sering kehabisan bahan bakar, bisa jadi mur fuel pompa motor anda menjadi tidak akan awet. Jadi sebaiknya jangan samapai motor injeksi hingga kehabisan bahan bakar.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar