Cara Memperbaiki Mesin

Cara Memperbaiki Motor Honda yang Terendam Banjir

on

Cara memperbaiki motor Honda yang terendam banjir sebenarnya bisa disiasati dengan hal yang sederhana. Curah hujan yang cukup tinggi seperti sekarang ini membuat beberapa daerah terpaksa terendam banjir. Hal ini sangat tidak menyenangkan terlebih jika anda sedang berkendara di saat banjir datang. Kendaraan kecil seperti motor Honda pun terkena imbasnya karena terpaksa dikendarai untuk menerjang banjir. Nah ada beberapa cara sederhana untuk menyiasati motor mogok akibat banjir.
Tips mudah memperbaiki motor yang mogok akibat banjir adalah sebagai berikut. Pertama, menguras air yang tak sengaja masuk ke dalam knalpot. Knlapot merupakan jalan keluar dari gas-gas sisa pembakaran mesin, jika knalpot penuh dengan air, maka arus keluar ini akan terganggu. Jadi keluarkanlah sisa air yang ada dalam kenalpot. Kedua adalah mengeringkan busi. Busi berfungsi sebagai pemantik api yang digunakan untuk proses pembakaran mesin. Jadi, pastikan busi dalam keadaan kering agar mesin motor anda dapat menyala dengan baik. Ketiga adalah mengeluarkan air yang masuk ke dalam karburator. 
Jika anda sudah melakukan dua langkah yang disebutkan sebelumnya, dan motor Honda kamu masih belum mau hidup, maka anda perlu mengecek bagian karburator. Banjir yang tinggi memungkinkan air semakin banyak yang masuk ke karburator.
Cara melakukan hal ini adalah dengan mengunci kran bahan bakar dari tangki yang menuju larburator, kemudian putar baut kea rah berlawanan, dan secara otomatis air atau bahan bakar akan keluar dengan sendirinya. Dan yang terakhir adalah lakukan pemanasan.
Demikian adalah cara-cara mudah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki motor yang mogok akibat banjir. Cara di atas sebenarnya bisa anda lakukan sendiri tanpa bantuan montir-montir di bengkel. Jika dengan cara di atas motor anda masih saja tidak mau menyala, barulah anda wajib meminta bantuan orang bengkel.
Untuk menghindari mogok seperti ini, sebaiknya anda menghindari berkendara di saat banjir. Selain dapat membuat motor anda menjadi mogok, banjir juga dapat membahayakan jiwa anda. jadi, berhati-hatilah.

Incoming search terms:

Komentar