Cara Memperbaiki Mesin

Cara Memperbaiki Motor Berasap Untuk Mesin 4 tak

on

Cara memperbaiki motor berasap untuk mesin 4 tak bisa ditangani ketika mengetahui penyebabnya. Anda mungkin pernah mengalami keadaan dimana sepeda motor 4 tak yang sebenarnya tidak mengeluarkan asap, tiba-tiba mengeluarkan asap yang tebal.
Berbeda dengan motor 2 tak yang memang biasanya mengeluarkan asap, motor 4 tak cenderung bersih dari asap yang dapat meningkatkan polusi. Keadaan seperti ini jelas menandakan adanya masalah dalam motor anda.
Jika keadaan ini masih berlanjut sementara anda sudah membawanya ke bengkel, misalnya ring piston sekaligus pistonnya sudah diganti, silindernya juga telah dioversize 50, namun asapnya tetap keluar juga. Mungkin anda bertanya-tanya apa penyebab sebenarnya yang terjadi di motor anda?
Penyebab motor dengan mesin 4 tak berasap biasanya adalah karena oli juga ikut terbakar atau bisa juga karena campurannya terlalu gemuk. Biasanya yang menandai oli ikut terbakar adalah gas buang menjadi berwarna putih.
Penyebab oli ikut terbakar ini tidak lain adalah keausan pada ring piston atau dinding silinder. Keausan juga sangat mungkin terjadi karena oli tidak dapat membentuk oli film pada dinding silinder sehingga oli hanya ngalir saja dan tidak berfungsi sebagai mestinya. Inilah yang menyebabkan tidak adanya sesuatu yang meminimalisir gesekan antara dinding silinder dan piston, sehingga terjadilah keausan.
Penyebab motor mesin 4 tak juga bisa disebabkan oleh keausan busing katubnya sehingga oli ikut masuk ke ruang bakar. Jika silindernya yang aus, cara mengatasinya adalah dengan melakukan over size. Penggantian ini tidak hanya pada piston dan ring pistonnya, penggantian kedua sparepart ini tidak akan menyelesaikan masalah.
Cara mengatasinya adalah dengan melakukan over size pada diameter silindernya, yaitu dengan cara melakukan perluasan dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan diameter piston yang ada di pasaran.
Untuk ukuran berapa oversize yang cocok, biar mekanik saja yang menentukan. Jangan asal pilih berdasarkan murah dan mahalnya saja, yang terpenting adalah kendaraan anda dapat berfungsi dengan baik seperti semula. Masalah harga, bergantung pada parik yang membuat sparepasrt tersebut dan tingkat kesulitannya.

Incoming search terms:

Komentar