Cara Memperbaiki Mesin

Cara Memperbaiki Mesin Motor Yang Sering Mogok

on

Setiap pengendara sepeda motor sebaiknya mengerti cara memperbaiki mesin sepeda motor. Karena, motor mogok bukan hanya milik motor-motor tua dan lawas saja. Motor baru pun bisa saja terkena mogok atau mesin mati. Mogok atau kerusakan mesin ini dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti, kurangnya perawatan, menerobos banjir dan hujan yang membuat mesin motor kemasukan air, masalah pada busi dan koil, ataupun masalah pada Capasitor Discharge Ignition.

Akan tetapi, pada umumnya motor mogok disebabkan oleh masalah pada busi dan mesin yang ngelos atau kehilangan tenaga. Untuk mengatasi masalah mogok yang tiba-tiba terjadi pada motor anda, alangkah baiknya anda selalu menyediakan kunci busi, kunci pas 10, 12, dan 14, kertas amplas, obeng, kain lap dan juga busi cadangan.

Cara memperbaiki mesin motor mogok yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada busi. Jika motor anda susah sekali dihidupkan atau bisa hidup namun kemudian mati lagi, sebaiknya anda mengecek keadaan busi dengan cara melepas busi dari dudukan dan membiarkan kabel busi tetap tersambung di ujung busi. Setelah itu, cobalah untuk menempelkan kepala busi di badan mesin dan coba untuk menstarter mesin. Apabila tidak ada percikan api yang keluar, berarti busi motor anda telah aus.

Busi yang telah aus sebaiknya cepat-cepat diganti dengan yang baru. Inilah fungsi anda membawa busi cadangan yaitu agar anda dapat sesegera mungkin mengganti busi yang telah aus meskipun anda berada dalam perjalanan.

Kerusakan motor yang ke dua yang paling sering terjadi adalah motor kehilangan kompresi sehingga mesin ngelos atau tidak bertenaga. Mesin ngelos ini terjadi karena adanya penumpukan kerak yang rontok di dalam ruang bakar. Kerak yang rontok tersebut kemudian mengganjal tudung klep sehingga membuat mesin motor menjadi tidak bertenaga.

Mesin motor akan kembali bekerja dengan baik jika anda membersihkan kerak-kerak yang menempel pada ruang bakar dan tudung slep. Untuk mengatasi masalah-masalah kerusakan mesin motor yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, ada baiknya anda juga membawa oli mesin di dalam botol kecil secukupnya dan membawa kain lap.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar