Cara Memperbaiki Mesin

Cara Memperbaiki Mesin Motor Yang Knalpotnya Meledak-ledak / Nembak

on

Permasalahan kendaraan bermotor merupakan sebuah hal yang memang sering terjadi pada pemilik kendaraan, baik itu masalah kerusakan atau hanya sekedar kesalahan teknis dalam pemakaian. Contoh yang paling sering di dengar adalah masalah knalpot yang bersuara meledak seperti tambakan. Hal ini sebenarnya merupakan salah satu masalah kecil bagi para pecinta kendaraan roda dua yang memang sedikit memahami permasalahan motor. Namun bagi orang yang memang awam terhadap permasalahan ini tentu saja akan membawanya ke bengkel.  Sebaiknya pahami dahulu cara mudah memperbaiki mesin motor yang knalpotnya meledak-ledak.
Untuk memperbaiki knalpot motor yang sering meledak seperti tembakan sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu sulit, hanya saja perlu ada sedikit pemahaman untuk mengerti atau sedikit mengerti factor yang berpengaruh dalam permasalahan tersebut. Menurut saya kendaraan roda dua atau motor ini merupakan salah satu kendaraan yang sebenarnya cukup simple cara kerjanya. Sedangkan untuk mengetahui permasalahan ini awalnya dari mana cukup pahami saja satu hal penting yaitu pengapian atau sistem elektrik motor.


Busi Lemah

Pemahaman tentang sistem elektri motor ini nantinya akan mengantarkan kita pada sebuah hubungan lain yaitu berhubungan dengan sistem kelistrikan yang berkaitan atau dekat dengan busi atau sparkplug. Busi merupakan alat pemercik/pemantik api yang bersumber dari tegangan listrik yang terjadi di ruang pembakaran atau combustion chamber. Jadi busi merupakan alat pemercik api yang berfungsi untuk menyalakan pembakaran di dalam ruang pembakaran. Percikan api yang berasal dari busi ini merupakan factor utama yang menentukan kesuksesan bahan bakar minyak dapat terbakar dengan sempurna setia tetesnya. Apabila tegangan listrik yang dihasilkan oleh motor tidak stabil atau bisa dikatakan tersedat maka tetes bahan bakar yang harusnya terbakar tidak terbakar sehingga menyebabkan pembakaran yang kurang setabil, akibanya akan terjadi letupan atau letusan yang keluar dari knalpot.
Dari masalah diatas, solusi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan letusan knalpot adalah dengan mengganti busi motor dengan busi yang baru tapi dengan catatan sistem kelistrikan motor normal, karena dengan sistem kelistrikan normal maka salah satu factor terbesar sistem pembakaran tidak stabil adalah usia busi yang sudah lama dan tidak berfungsi secara baik lagi, maka harus diganti. 

Bahan bakar tercampur air
Analisa lain untuk mengatasi knalpot yang meledak-ledak adalah dengan memperhatikan konsumsi bahan bakar yang dimasukan dalam tangki bensin. Maksutnya, biasanya bensin yang dibeli dieceran sering tercampur dengan air karena proses penyimpanan bensin yang mungkin saja terlalu dekat dengan air, sehingga sebagian air masuk dalam bensin. Atau mungkin saat mencuci kendaraan tanpa sengaja bensin masuk ke tangki motor atau daerah karburator. Tercampurnya air dalam karburator ini juga menyebabkan masalah knalpot meledak-ledak karena menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Untuk mengatasi hal ini cukup mudah, bukalah mur/baut pembuangan yang terletak dikarburator untuk mengeluarkan air yang mengendap dan tercampur dengan bensin.
Settingan Karbuator Tidak Tepat
Setting karburator juga merupakan salah satu bagian penting yang sebaiknya diteliti dengan cermat karena pada bagian ini merupakan salah satu komponen motor yang mengatur pencampuran bahan bakar dengan oksigen yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Ketidak sesuaian takaran udara dan bensin yang masuk dalam ruang pembakaran juga akan mengakibatkan terjadinya ledakan yang tidak sempurnya sehingga dapat menyebabkan letupan pada saluran pembuangan atau knalpot.
Untuk mengatasi masalah ini cobalah pahami bagian-bagian dari karburator. Ada dua hal penting yang perlu disetting ulang apabila terjadi masalaha karena ini. Setelan angin dan setelan bahan bakar. Kedua hal ini harus sinkron sesuai dengan takarannya artinya tidak ada yang berlebihan salah satunya atau kekurangan salah satunya. Putar saja dengan obeng untuk mensetting komposisi angin yang masuk ke dalam ruang pembakaran lalu kemudian sambil digas-gas untuk memastikan bahwa tidak ada sela atau mbrebet saat digas tinggi maupun rendah.

Sebenarnya langkah diatas ini merupakan langkah yang sangat mudah, namun sulit dipahami jika hanya dibaca terus teorinya, sebaiknya ambil peralatan dan coba praktikan. Jangan takut salah, utak-atik saja motor anda, jika justru menjadi rusak, temukanlah maslahnya dengan bertanya atau jika sudah menyerah bawa saja ke bengkel dan perhatikan apa yang dilakukan mekanik. Mungkin suatu saat anda akan melakukannya dirumah lagi.  Terimakasih semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Komentar