Cara Memperbaiki Mesin

Cara Memperbaiki Hardisk Dengan Langkah Sederhana

on

Hard disk merupakan salah satu komponen hardware komputer yang memiliki fungsi penting dalam penyimpanan data maupun sebagai media pengumpul data yang ada di dalam operasi komputer. Komponen komputer ini memiliki peran penting dalam operasi komputer karena dengan adanya hardisk ini maka dengan mudah operator komputer dapat menyimpan file-file seperti document, musik, film dan lain sebagainya.

Namun sering kali jika komponen ini rusak atau mengalami sedikit gangguan karena ada sebagian dari dalam hardisk mengalami kerusakan atau sering disebut badsectore maka membuat kinerja komputer menjadi terganggu. Dengan terjadinya badsectore ini tentu saja sangat merugikan pemilik komputer karena indikasi yang paling dekat adalah data yang disimpan bisa saja tidak tersimpan dengan baik meskipun dalam pengolahan data sudah menyimpan atau sudah di save. Oleh karena itu sangat rentan akah kehilangan data jika sudah ada sedikit masalah seperti itu.

Oleh karena itu sebaiknya pemilik komputer tanggap akan hal ini, tentu saja di dalam hardisk anda sudah banyak file-file penting yang sebaiknya anda amankan terlebih dahulu jika gejala ini sudah muncul, kerusakan hardisk tidak dapat dicegah oleh karena itu harus mempersiapkan sendiri langkah-langkah untuk mengamankan data penting anda dengan membackup data anda dengan penyimpan data baru baik itu flasdiks atau hardisk eksternal.

Penyebab hardisk rusak lebih banyak disebabkan karena adanya proses boot yang tidak sempurna dan dibarengi dengan proses kerja atau pengolahan data di komputer anda sedang berada dalam keadaan proses data yang berat dan tiba-tiba komputer anda mati secara tiba-tiba akibat listrik turun atau listrik mati. Mati listrik merupakan penyebab terbesar yang mengakibatkan hardisk mudah rusak, oleh karena itu sebaiknya menambahkan komponen power supplay unit seperti UPS sehingga jika terjadi listrik turun atau listrik mati komputer anda tidak akan secara tiba-tiba mati seketika, karena dengan adanya UPS cadangan listrik yang kita pakai akan disimpan dalam UPS untuk menyimpan listrik ketika listrik padam.

Langkah mudah diatas merupakan salah satu cara paling tepat untuk mengantisipasi keselamatan data di hardisk anda. Selain itu juga perlu dilakukan langkah-langkah perawatan harddisk menggunakan perangkat lunak atau software dalam komputer untuk menjaga kesehatan hardisk dan merawat hardisk dari data-data yang tidak penting. Cara yang paling mudah digunakan untuk mengecek kondisi harddisk adalah dengan menjalankan prompt melalui start menu > run > ketik “CMD” kemudian masukkan perintah “chkdsk”. Fungsinya adalah untuk mengetahui kondisi atau keadaan hardisk anda dari badsectore.

Selanjutnya langkah sederhana lain untuk mengidentifikasi kesalahan yang terjadi pada harddisk anda adalah dengan mengetahui apa kesalahan yang ada selama hardisk bekerja dan untuk mengatasi kerusakan hardisk ini maka sebaiknya digunakan langkah-langkah penting lainnya untuk mengatasi error dalam hardisk. Cara mudah dan sederhana untuk mengatasi atau memperbaiki hardisk dengan mudah adalah sebagai berikut :
1. Buka “My Computer”
2. Pilih hard drive Anda, klik kanan ikon hard drive.
3. Pilih “Properties”.
4. Klik “Tools” tab.
5. Klik “Check Now”.
6. Untuk perbaikan menyeluruh klik Automatically fix file system errors” and “Scan for and attempt recovery of bad sectors”
7. Jika Anda melihat window dialog baru, klik “Schedule disk check” to start.

Langkah diatas akan memberikan solusi mengetahui file error dan memperbaikinya secara firtual dan anda dapat melakukannya secara rutin jika memang anda ingin mengetahui kondisi hardisk anda secara teratur dengan menjalankan mode schedule disk tersebut. Jika dirasa solusi diatas tidak mencukupi kebutuhan perbaikan harddisk anda maka langkah beriktunya yang perlu dilakukan adalah dengen mendefrag data hardisk untuk mengatasi data yang tidak tersusun dengan baik pada saat penyimpanan, berikut caranya :
1. Buka “Start” Menu
2. Klik pada “Computer”
3. Klik kanan C: drive atau gambar hard drive Anda.
4. Gulir ke bawah ke Klik “Properties”
5. Pada Menu Properties, Buka menu “Tools”.
6. Pilih “Defragment Now”.
7. Pada menu Disk Deframenter. Klik “Defragment”

Langkah terakhir juga perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan harddiska anda yaitu dengan membuang file-file sampah yang tidak berguna karena banyaknya file sampah di dalam komputer membuat kinerja hardisk menjadi berat dan jika hal ini berkepanjangan maka akan menyebabkan hardisk cepat rusak. Cara membersihkan sampah dan memperbaiki penyebab hard drive lambat dikarenakan data yang tidak efisien.
1. Klik “Start”
2. Pilih “Program”
3. Buka “Aksesoris”
4. Pilih “System Tools”
5. Klik “Disk Cleanup”.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau cara memperbaiki hardisk dengan langkah sederhana. Semoga dapat membatu dalam mengatasi permasalahan harddisk anda yang beroperasi dengan baik.

Komentar