Motor

Cara Memindahkan Gigi Motor Kopling

By

on

Motor merupakan salah satu kendaraan yang sangat umum di beberapa tahun perkembangannya di Negara Indonesia ini.  Berbagai jenis motor dari produsen terkenal seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan lainnya banyak mengeluarkan produk-produk motor unggulannya yang saat ini memang sangat marak.  Berbagai macam hal juga timbul dari adanya ledakan pemakai motor yaitu polusi udara yang semakin meningkat.  Oleh karena itu beberapa perusahaan juga telah mengembangkan teknologi ramah lingkungan untuk kendaraan jenis roda dua mereka.
Jenis motor dari produsen tersebut sangatlah beraneka ragam, ada yang berjenis matic yang saat ini memang banyak digunakan oleh kalangan wanita dan beberapa juga disukai oleh laki-laki.  Namun tetap saja untuk kalangan lelaki sebagian besar tetap sangat menyukai jenis sport atau yang biasa di sebut motor laki.  Jenis motor sport ini memiliki cara pemakaian yang membutuhkan banyak pengalaman dalam mengendarai motor.  Motor sport mempunyai hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemakainnya, hal ini sangat dianjurkan untuk pemula agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diharapkan.  Tentu saja masalah tersebut sering dialami karena adanya sisterm operasi perseneling yang menggunakan kopling manual.
Kopling manuar merupakan salah satu khas yang dimiliki motor sport atau motor laki.  Dan hal ini sebenarnya juga yang disukai oleh pengendara motor laki karena ada kopling manualnya sehingga pengendara motor sport dapat melakukan improvisasi dalam pemakaiannya.  Namun untuk pemula mengendari motor kopling bukan merupakan perkara mudah.  Harus banyak perlahan dan dimulai secara perlahan.  Karena apa bila salah melakukan selah kopling maka motor tidak dapat dikendalikan dan akan menyebabkan kecelakaan.
Mengejut merupakan salah satu ciri khas umum yang akan dialami oleh pengendara pemula motor sport.  Selain itu perlu diketahui untuk rata-rata motor sport memiliki sistem rotari perseneling yang berbeda dengan motor biasa atau motor bebek. Jika motor bebek memiliki sistem rotari maju untuk memindahkan gigi satu ke gigi berikutnya dan sistem rotari mundur untuk menurunkan gigi dari 4 ke 1 atau netral maka sistem rotari perpindahan gigi pada motor laki sangatlah berbeda dengan motor bebek.
Cara memindahkan gigi motor kopling sangatlah berbeda.  Motor kopling atau motor laki biasanya menggunakan 5 tingkatan gigi dalam sistem rotarinya.  Berikut ini akan saya jelaskan dengan beberapa tahapan agar lebih mudah.
  1. Untuk memindahkan gigi 1 dari posisi netral maka injaklah maju satu kali kedepan perseneling motro laki anda dan jangan lupa sebelum menginjak gigi maju ini terlebih dahulu anda tekan/tekam kopling motor anda dengan gas yang cukup dan jangan terlalu besar.
  2. Untuk memindahkan gigi 1 ke gigi 2 maka perhatikan bahwa gigi 2 tidak anda dapatkan dengan menginjak ke depan pada kendali perseneling motor anda tapi injak atau cukil gigi motor anda kebelakang secara penuh (karena apabila setengah maka akan netral).
  3. Untuk mendapatkan gigi 3, 4 dan lima maka lakukan sama dengan langkah 2 diatas.  Namun untuk permasalahannya anda tidak perlu terlalu kuat dalam memberikan injakan anda karena posisi netral motor laki ini hanya berada pada antara gigi 1 dan gigi 2.

Sebagai catatan disamping 3 hal penting diatas adalah sebagai berikut :
  1. Untuk melakukan perpindahan gigi atau perseneling makan kopling motor harus selalu ditekam sebelum menginjak perseneling dan melepaskan secara perlahan dengan kontrol gas yang sesuai, kemudian baru melepaskannya.
  2. Ulangi catatan pertama diatas untuk langkah-langkah pemindahan gigi berikutnya meskipun.

Demikianlah cara memindahkan gigi motor kopling dengan cara mudah yang dapat dijeskan, semoga dapat membantu anda sebagai pemula dalam memiliki motor kopling agar cepat berpengalaman menggunakan motor anda. Anda akan cepat bisa apabila anda banyak melakukan praktik dan terus menambah pengalaman anda dengan terus mencoba.

Incoming search terms:

Komentar