Budidaya

Cara Membuat Pakan Alternatif Dalam Budidaya Lele

on

Indonesia, sebuah negara yang terdiri dari berbagai pulau yang di dipisah oleh banyak lautan. Seperti lirik lagu “nenek moyangku seorang pelaut” itu mencerminkan bahwa negara yang memiliki keindahan laut yang beragam inipun memiliki kesan tersendiri dalam keanekaragaman dunia hayati.

Namun siapa yang bisa menduga, meskipun banyaknya lautan di Indonesia yang menyimpan banyak jenis ikan, ikan lele tetap nomor satu di seluruh Indonesia. Entah kenapa masyarakat Indonesia sangat antusias terhadap ikan tersebut baik dari kalangan manapun. Untuk mengefisiensikan waktu, akan lebih baik lagi jika anda memelihara lele, berilah pakan alternatif dalam budidaya lele tersebut.

Cara membuat pakan alternatif dalam budidaya lele yaitu pertama anda harus tahu takaran nutrisi dalam pakan lele. Karena pakan lele yang baik itu harus bisa memenuhi rasio dengan menambahkan bobot kurang dari satu. Hal tersebut merupakan 1 kg takaran bisa menambahkan bobot tubuh seberat 1 kg.

Pakan pun harus mengandung lemak, protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat, sama halnya dengan manusia. Lele itu merupakan jenis ikan pemakan daging, oleh karena itu protein yang terkandung dalam pakan harus lebih tinggi dibanding kandungan lain, kurang lebih sebesar 35% dari berat pakan.

Kedua buatlah pakan yang terdiri dari komposisi tepung ikan, dedak halus, tepung tapioka, tepung jagung, bungkil kelapa, dan tepung kedelai. Semua bahan-bahan tersebut bisa anda buat dengan cara pelet maupun hasil dari cetakan yang dibekukan.

Budidaya sendiri memiliki pengertian yang cukup signifikan dalam menjaga stabilitas kehidupan sebuah ekosistem. Secara harfiah, budidaya itu merupakan suatu tindakan menjaga, memelihara, dan mengembangkan sesuatu yang dinyatakan hampir punah. Siapa yang tahu kapan ekosistem bisa punah, itu semua tergantung pada anda selaku makhluk yang diciptakan dengan akal dan rasionalitas.

Baca juga : 4 Pakan Alternatif Ikan Alami

Sama halnya dalam membudidayakan lele. Siapa yang bisa memperkirakan kapan waktunya lele bisa punah? Itu semua tergantung pada metode pemeliharaannya. Adapun cara membuat pakan alternatif dalam budidaya lele. Karena setiap makhluk hidup itu butuh makan. Agar bisa efektif dan efisien, disarankan anda untuk membuat pakan alternatif.

Komentar