Asli

Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu

on

Cara membedakan batu akik yang mana yang asli dan yang mana yang palsu adalah suatu informasi yang sangat diperlukan bagi para kolektor pemula karena ini akan merugikan jika tidak dipelajri lebih dalam lagi. Pembelajarannya juga tidak sulit karena membandingkan kedua batu tersebut cukup mudah.
Pada artikel kali ini penulis akan memberikan beberapa informasi penting terkait cara membedakannya dengan benar agar anda semua bisa mencobanya. Cara pertama adalah tempelkan batu akik tersebut di pipi anda. Batu akik yang asli adalah batu yang bisa memberikan efek atau sensasi dingin. Sedangkan batu akik palsu cenderung hangat bahkan panas saat ditempelkan di pipi. Cara ini sangat efektif sekali apalagi pada batuan berjenis kalsedoni atau kristal – kristal.
Cara kedua yaitu bakar batu akik memakai korek api atau puntung rokok. Hal ini dimaksudkan untuk melihat perubahan yang terjadi  baik pada warna atau ketahanan batu akik. Batu akik yang asli ketika dibakar maka tidak akan meninggalkan efek bakar yang merusak warnanya dan tidak membekas. Berbanding terbalik dengan batu akik yang palsu maka akan jelas sekali terlihat pada warna yang berubah drastis dari keadaan awal.
Perlu diperhatikan, pembakaran ini tidak dalam pembakaran yang besar – besaran tapi hanya memakai korek api atau puntung rokok saja. Setelah dibakar ada efek yang berlanjut yaitu kecepatan dalam mendingin. Jika asli tentu mendinginnya sangat cepat berbeda jika palsu yang cenderung lama karena mempertahankan panas.
Langkah terakhir ini mungkin tidak bisa dilakukan oleh banyak orang kecuali ahli atau yang sudah sering terjun kesana. Melihat dari serat – serat pada batu akiknya. Batu akik alami akan memperlihatkan serat – serat yang retak, sedangkan yang palsu menunjukkan serat yang mulus sepenuhnya.
Demikian saja pembahasan dari penulis mengenai langkah tepat untuk membedakan batu akik yang asli dan palsu. Semoga bisa menerapkannya secara langsung sehingga anda tidak dirugikan oleh oknum – oknum jahat yang menggunakan plastik atau bahan sintetis untuk melakukan kejahatannya itu.

Incoming search terms:

Komentar