Engineering

Cara Kerja Motor Elektrik 1 Fasa

on

Motor elektrik 1 fasa atau yang biasa kita dengar itu dengan sebutan motor elektrik fasa tunggal ini merupakan motor induksi yang terdiri dari kumpulan stator dan kumpulan rotor. Fungsi dari stator dan rotor ini yaitu agar bisa membuat dan membangkitkan listrik untuk bisa bergerak secara dinamis dengan gaya listrik bolak-balik yang pastinya melewati stator dan rotor tersebut. 
Sistem yang terjalin dalam arus listrik ini yaitu ketika voltan bisa berubah-ubah secara seragam. Ketika arus listrik yang dinamis tersebut mengaliri motor elektrik 1 fasa, maka yang akan terjadi adalah medan magnet akan bergerak yang akhirnya bisa membuat induksi tegangan listrik. Rotor dan stator ini sendiri memiliki resistansi (sistem kekebalan), lilitan yang bisa memperkuat, dan reaktansi (reaksi arus listrik). Jadi nantinya medan magnet pada stator dan rotor itu terintegrasi dan bisa menciptakan distorsi untuk memutar arahkan arus rotor ke medan stator. Perutaran arus yang diciptakan motor induksi tunggal ini pun sesuai dengan arus waktu. Jadi, tidak ada kata terlambat pada arus listrik yang sudah terintegrasi tersebut.
Berbeda dengan 3 fasa, sistem ini memiliki kurang lebih 2 belitan pada statornya, yaitu belitan utama dan belitan bantu. Secara garis besar kedua belitan memiliki fungsi yang hampir sama, yang membedakan adalah jika belitan utama itu menjadikan kawat tembaga besar sebagai penampang (pilar) sehingga bisa menciptakan impedansi terkesan kecil. Belitan bantu itu menjadikan tembaga kecil sebagai penampang yang nantinya bisa menghasilkan impedansi lebih besar. jadi sebagai contoh sehari-hari yaitu ketika anda sedang memasang terminal listrik di “colokan”. Maka, yang terjadi adalah port terminal tersebut hanya bisa dipakai 2 port saja. Dan kelemahan kerja motor elektrik 1 fasa yaitu tidak mampu membuat arus listrik menjadi stabil jika dipaksakan. Dampak terburuk terjadi sebuah ledakan dari pemadatan arus listrik yang tidak mengalir pada rotor dan stator. Akan tetapi, kelebihannya adalah listrik jadi jauh lebih cepat digunakan. Oleh karena itu, mau berapapun fasa nya, sesuaikanlah dengan kebutuhan anda.

Incoming search terms:

Komentar