Mobil

Cara Hemat Bahan Bakar Mobil yang Mudah dan Aman

on

Konsumsi bahan bakar mobil anda haruslah diperhatikan. Selain karena faktor harga minyak dunia yang terus melambung tinggi, dengan menghemat bahan bakar mobil, anda juga turut membantu menjaga kelestarian bahan bakar yang tidak bisa diperbaharui ini. Banyak pula tips dan cara hemat bahan bakar mobil yang sering di jumpai, khususnya bagi anda yang tinggal di daerah kota-kota besar dengan kondisi jalan yang dipenuhi kemacetan.Tidak menutup kemungkinan juga, tips yang akan dibahas ini akan berguna bagi anda yang tinggal di daerah kota yang sedang berkembang. Tips-tips ini akan sangat berguna bagi anda yang kewalahan dengan membengkaknya biaya pengeluaran untuk membeli bahan bakar mobil, terlebih dengan tidak stabilnya harga bbm akhir-akhir ini.

Cara Hemat Bahan Bakar Mobil yang Mudah dan Aman

Mungkin anda sering mendengar isu semakin anda memacu mobil anda dengan cepat, akan menghemat bahan bakar mobil anda. Isu tersebut sama sekali tidak benar. Faktanya adalah saat anda memacu mobil anda dalam kecepatan tinggi, bahan bakar akan terpakai lebih banyak 50%. Hal ini disebabkan tekanan angin yang berlawanan dengan mobil saat melaju kencang akan menambah beban terhadap aerodinamis mobil yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar akan lebih banyak dipakai. Justru sebaliknya, dengan anda mengendarai mobil secara normal, atau berada di bawah 100km/jam. Akan menghemat penggunaan bahan bakar sebanyak 25%. Cara hemat bahan bakar mobil ini juga dapat membantu anda mengurangi resiko kecelakaan, jadi tidak ada salahnya untuk dilakukan.

Melakukan pengecekan ban pun sangatlah penting. Hal ini sering dianggap sepele oleh sebagian pengendara mobil. Dengan selalu menjaga tekanan angin pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrik yang memproduksi mobil anda, merupakan cara hemat bahan bakar mobil yang efektif dan efisien. Karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan energi yang banyak saat pengecekan tekanan angin. Tekanan angin yang cukup pada ban mobil anda dapat mengurangi gaya gesek ban dengan jalan dan mampu membantu anda menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil sebanyak 3% tergantung jenis dan model mobil yang anda gunakan. Jangan pernah lupa untuk selalu melakukan pengecekan rutin terhadap kondisi tekanan ban anda minimal 1 kali dalam sebulan.

Jika anda sering bepergian jauh dan banyak membawa barang bawaan pada mobil anda, sebaiknya anda harus mulai menyeleksi lagi barang yang benar-benar harus dibawa. Karena semakin banyak bawaan barang yang anda bawa pada mobil, akan menambah beban mobil dan mesin mobil pun harus bekerja ekstra sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih banyak. Tetapi, jika barang yang harus dibawa tidak bisa dikurangi jumlahnya, cobalah untuk tidak terlalu sering menyalakan AC (Air Conditioner) selama perjalanan. Cobalah untuk membuka kaca jendela mobil sebagai alternatifnya.

Selain beberapa penjelasan tips di atas, poin-poin berikut ini juga bisa anda gunakan dalam menghemat bahan bakar serta performa mobil anda bekerja dengan baik.

1. Efisiensi bahan bakar juga tergantung dengan ritme anda menggunakan pedal gas. Tekan atau injaklah gas dengan perlahan tanpa melakukan kejutan yang berlebihan. Dengan demikian pemakaian bahan bakar lebih sesuai dengan kebutuhan.

2. Intensitas pemakaian AC sebaikanya juga di kurangi karena dengan adanya pemakaian AC maka konsumsi bahan bakar akan lebih banyak 30%. Oleh karena itu dengan mengurangi pemakaian AC akan menghembat BBM anda 30%.

3. Lakukanlah preventif maintenance atau perawatan berkala mobil anda dengan tepat waktu sesuai dengan patunjuk service. Dengan melakukan hal ini maka kondisi mobil anda akan berada pada posisi mesin yang mampu berperforma lebih stabil sehingga mampu menjadikan pemakaian bahan bakar juga menjadi lebih sempurna. Preventif maintenance bisa anda lakukan dengan penggantian oli, pelumasan, tune up, spooring, balancing dan sebagainya.

4. Isi angin ban anda dengan tepat. Jika kondisi ban terlalu kempis maka akan membuat mesin menjadi lebih berat saat di kendarai, sehingga hal ini akan membuat kendaraan anda lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar karena dengan semakin beratnya kendaraan maka anda pasti akan menambah gas sehingga intensitas bahan bakar akan menjadi lebih banyak. Hal terkait dengan ini juga adalah muatan mobil anda, jika anda memiliki banyak muatan di dalam bagasi mobil anda yang tidak terlalu penting maka sebaiknya anda turunkan.

PERAWATAN  CHASIS / BODY / INTERIOR

JENIS PERAWATAN KM
SPOORING 20.000 KM
BALANCING 15.000 KM
ROTASI BAN 10.000 KM
CEK KONDISI BAN & TEKANAN ANGIN 2 MINGGU
CEK ANGIN NITROGEN 1 BULAN
PENGGANTIAN BAN 30.000-60.000 KM
SERVICE REM & CEK PIRINGAN/KANVAS 20.000 KM
MINYAK REM 20.000 KM
MINYAK KOPLING 20.000 KM
MINYAK POWER STEERING 20.000 KM
FOOGGING AC 10.000 KM
FLUSHING AC SYSTEM 20.000 KM

JENIS PERAWATAN MESIN

JENIS PERAWATAN KM
TUNE UP 20.000 KM
VARBON LEAN 20.000 KM
OLI MESN 5.000 KM
OLI TRANSMISI MANUAL(PESENELING) 20.000 KM
OLI GARDAN 20.000 KM
OLI TRANSMISI AUTOMATIC 30.000 KM
RADIATOR COOLANT 20.000 KM
FILTER OLI 10.000 KM
FILTER UDARA 20.000 KM
FILTER BAHAN BAKAR 20.000 KM
VEK BATTERY 5.000KM
UJI EMISI BERSERTIFIKAT 6 BULAN
Demikianlah Beberapa cara hemat bahan bakar mobil yang dapat anda terapkan sebagai metode yang efektif untuk menekan pengeluaran anda dalam masalah transportasi, selamat mencoba.

Incoming search terms:

Komentar