Engineering

Berbagai Masalah Yang sering Dialami Motor Listrik

on

Motor Listrik sebagai motor yang sedang dikembangkan saat ini karena dinilai lebih ramah lingkungan ini memang masih memiliki beberapa celah yang kadang menyusahkan penggunanya. Berbagai masalah motor elektrik sering muncul dan membuat si pemakai harus selalu sigap menangani berbagai masalah yang datang tersebut. Beberapa masalah yang mengenai motor listrik biasanya dipicu oleh panas, kotor, kualitas suplay listrik yang tidak mendukung, keadaan yang lembab, vibrasi, dan lain sebagainya. berbagai penyebab kerusakan di atas akan coba dijelaskan secara lebih rinci melalui artikel ini.
Panas atau over heating merupakan penyebab yang paling umum yang mempengaruhi umur kendaraan listrik anda. Banyak motor yang akhirnya telah “pensiun” terlebih dahulu sebelum umur pakai yang seharusnya disebabkan oleh masalah panas atau over heating ini. Ketika sebuah motor elektrik memiliki kenaikan temperature sebanyak 10 derajat dari temperature normalnya. Maka motor tersebut memiliki potensi memotong umur motor sebanyak 50%. Penyebab masalah motor elektrik sampai over heating ini biasanya adalah motor terlalu kecil sehingga sering mengalami over current yang akan membuat kondisi motor lebih panas, sistem starting yang terlalu besar, star-top yang terlalu sering, ventilasi mesin yang kurang memadai, dan environment. Masalah selanjutnya adalah kondisi motor yang kotor dan lembab juga akan merusak komponen mekanikal dan komponen listriknya.
Kualitas listrik juga akan menimbulkan masalah tersendiri bagi motor elektrik karena suplay listrik sangat menentukan umur motor listrik. Hal-hal yang harus dihindari ketika sedang melakukan charging battery adalah voltage yang sering naik turun hingga melebihi harga toleransi, voltage spike yang biasanya disebabkan oleh halilintar atau power switching dan voltage three phase yang tidak seimbang. Kemudian masalah vibrasi juga menjadi indikasi yang sering menandai bahwa sebuah motor listrik tengah mengalami masalah. Besar vibrasi yang melebihi batas yang diijinkan akan dapat menimbulkan masalah motor elektrik yang lebih parah. Berbagai masalah pada motor listrik ini bisa anda selesaikan dengan membawa motor anda ke bengkel kepercayaan anda. sebaiknya ketika anda merasakan masalah pada motor elektrik anda, maka segeralah ke bengkel agar tidak menimbulkan masalah di tempat yang lain.

Incoming search terms:

Komentar