Cara Memperbaiki Mesin

Belajar Memahami Cara Memperbaiki Mesin Motor 2 Tak

on

Banyak diantara kita yang tidak mengerti bagaimana cara memperbaiki mesin kendaraan milik kita sendiri. Jika melihat adanya tanda-tanda kerusakan, kita akan langsung membawa motor atau mobil milik kita ke bengkel. Padahal, memperbaiki mesin motor atau mobil dapat kita lakukan sendiri selama kita memiliki kunci, tang dan obeng serta tidak memerlukan alat-alat memperbaiki mesin yang hanya ada di bengkel.

Motor 2 tak merupakan sepeda motor dengan mesin 2 langkah atau mesin yang memerlukan dua langkah siklus kerja yaitu dua gerakan piston yang dilakukan dengan satu kali pemutaran poros engkol. Selain membutuhkan beberapa perawatan khusus, motor jenis ini ternyata dapat mengalami kerusakan di bagian-bagian tertentu.

Mesin motor 2 tak sering mengalami kerusakan di bagian blok, kesulitan menghidupkan mesin meskipun sudah di choke, atau bahkan kerusakan yang terjadi pada ring piston motor 2 tak. Memperbaiki kerusakan blok motor 2 tak dapat dilakukan dengan cara membuka blok motor menggunakan obeng dengan membuka sekrup yang mengunci blok motor. Akan tetapi, sebelum membuka penutup blok, kita harus memastikan bahwa keran mesin sudah tertutup agar tidak membahayakan siapapun.

Setelah penutup blok terbuka, periksa apakah pelampung yang terdapat di dalam blok terlihat baik atau tidak. Jika pelampung tidak terlihat baik, maka bukalah penutup pelampung dan goyang-goyangkan pelampung tersebut ke arah atas dan bawah. Setelah itu, jika anda menemukan ada salah satu kipas pelampung yang bengkak, maka betulkan kipas yang bengkak tersebut.

Cara memperbaiki mesin 2 tak yang rusak atau sulit dihidupkan juga dapat kita pelajari sendiri. Kesulitan menghidupkan mesin biasanya terjadi karena adanya kerusakan pada ring piston. Kerusakan pada ring piston ini juga dapat menyebabkan mesin menjadi tidak stasioner, suara mesin menjadi pincang, dan membuat tenaga mesin saat sepeda motor melaju menjadi berkurang. Ring piston pada motor 2 tak yang rusak dapat kita perbaiki atau kita ganti sendiri. Apalagi, pemasangan ring piston tidak tergolong sulit. Memasang ring piston hanya dilakukan dengan menempatkan sambungan ring pada spy yang sudah tersedia.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar