Bisnis

Beda Visa dan Master Card

on

Bagi pengguna kartu kredit pasti paham tentang visa dan master card. Tapi sesungguhnya masih banyak juga masyarakat yang kurang paham antara keduanya. Pengertian mudahnya kartu kredit visa dan kartu kredit master card ini merupakan sama-sama kartu kredit, yaitu kartu yang digunakan untuk melakukan transaksi secara elektronik, dimana kartu tersebut dapat menjadi pengganti uang tunai sebagai transaksi pembayaran. Sekarang sudah mengertikan tentang pengertian dan kegunaan kartu kredit. Tapi kalau kalian ingin membuat kartu kredit juga jangan sembarangan, karena nanti yang ada kalian rugi sendiri. Lebih baik sebelum membuatnya pastikan kalian mampu mengikuti prosedur dan pelaksanaannya agar tidak direpotkan kemudian hari.

Lalu apa perbedaan antara visa dengan master card sebenarnya jika keduanya sama-sama kartu kredit. Perbedaan yang jelas pertama adalah di logonya, keduanya memiliki logo yang berbeda. Tentu dari perbedaan ini menunjukkan jika kartu kredit ini dikeluarkan oleh bank yang berbeda pula. Keduanya sebenarnya adalah perusahaan competitor. Keduanya sama-sama mengeluarkan kartu kredit dan sama-sama memiliki jaringan tersendiri. 


Perbedaan selanjutnya dapat kita lihat dari profil kedua perusahaan tersebut, dimana master card lebih dulu berdiri (1966) dibandingkan visa (1970). Lalu website yang digunakan juga berbeda yaitu mastercard.comdan visa.com, secara performa keduanya juga memiliki perbedaan yaitu, total asset yang dimiliki visa pada tahun 2009 sebanyak USD 32,2 Billion sedangkan master card pada tahun yang sama memiliki asset sebayak USD 7,47 billion.

Jika dilihat secara fasilitas keduanya memiliki perbedaan seperti perlindungan keamanan transaksi online jika visa menggunakan skema verivied by visa maka mastercard menggunakan skema secure code. Perbedaan yang terakhir yaitu berupa poin hadiah yang diberikan untuk nasabahnya. Sekarang sudah paham perbedaannya bukan, tinggal pertimbangkanlah untuk memilih kartu kredit yang ingin anda gunakan, pilihlah kartu kredit sesuai kebutuhan. Pertimbangan memilih jangan hanya dari segi fasilitas tapi juga kenyamanan serta kemudahan yang akan diberikan untuk anda sebagai pengguna. Serta gunakan kartu kredit dengan bijak, karena kartu kredit merupakan fasilitas untuk mempermudah melakukan transaksi.

Komentar