Mobil

Beberapa Nama Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya Yang Perlu Anda Ketahui

on

Mobil adalah salah satu kendaraan yang sangat berguna untuk alat transportasi. Namun, jika Anda memiliki mobil, tidak ada salahnya untuk mengetahui nama komponen mesin mobil dan fungsinya. Hal ini perlu dipelajari agar suatu saat mobil bermasalah, Anda bisa tahu bagian mana yang rusak.

Dengan mengetahui nama dan fungsinya, Anda bisa melakukan analisis sederhana mengenai kerusakan yang ada pada mesin. Selain itu, penting pula bagi Anda untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan berkala untuk komponen mesin mobil, sehingga mencegah dan mengurangi resiko kerusakan atau mobil mogok. Sebelum melakukan perawatan, tentunya sangat penting untuk Anda mempelajari tentang nama-nama komponen mesin serta fungsinya masing-masing.

Nama komponen mesin mobil dan fungsinya dapat dimulai dari bagian yang paling utama, yaitu blok silinder. Dalam komponen inilah proses pembakaran terjadi, yang mengubah bahan bakar menjadi energi panas untuk menjalankan mesin pada mobil. Lalu, untuk memindahkan energi tersebut ke poros engkol, digunakanlah piston, yang dilengkapi dengan batang dan cincin piston.

Batang piston berfungsi menjadi jalan bagi hasil pembakaran menuju poros engkol, sedangkan cincin piston untuk melindunginya dari kebocoran, baik saat gas bahan bakar pada proses kompresi maupun mencegah oli masuk ke dalamnya. Selain itu, fungsi lainnya adalah mentransfer hasil energi panas pada piston menuju bagian dinding silinder.

Batang Piston

Kemudian nama komponen mesin mobil dan fungsinya selanjutnya ada poros engkol, yang sebelumnya sudah sedikit disinggung, komponen ini akan mengubah gerak piston yang naik turun dalam silinder menjadi berputar. Karena gerakan naik turunnya piston, pada poros engkol perlu dilengkapi bantalan untuk mengurangi gesekan agar tidak terjadi keausan.

Poros Engkol

Lalu, tenaga putar yang dihasilkan di poros engkol disimpan agar putaran tetap berjalan. Peran ini dipegang oleh roda penerus. Maka, saat mesin menyala, proses ini akan terus berlangsung dan tak akan berhenti.

Selain itu, ada pula katup. Komponen ini berfungsi sebagai pintu pada saluran masuk dan buang yang akan membuka dan menutup sesuai proses yang berlangsung. Katup ini juga dilengkapi oleh pegas yang akan mengembalikannya ke posisi semula dan menjaga katup tetap tertutup rapat dengan memberinya tekanan
.

Klep atau Katup Mesin

Selain komponen diatas yang berperan dalam pergerakan mesin, ada juga komponen yang berfungsi sebagai penampung oli pelumas. Komponen mesin ini adalah karter. Jika blok silinder yang dibahas sebelumnya merupakan bagian penting, kepala silindear juga tidak kalah penting fungsinya. Selain sebagai tutup bagian atas blok silinder, komponen ini juga berfungsi sebagai tempat posisi ruang bakar, mekanisme katup dan juga busi.

Carter Mesin

Nozzle

Terakhir ada nozzle yang berguna untuk membawa bahan bakar ke ruang pembakaran dengan cara disemprot. Itulah sebagian besar nama komponen mesin mobil dan fungsinya. Selain komponen yang disebutkan di atas, masih banyak lagi bagian mesin lainnya yang perlu Anda ketahui juga.

Incoming search terms:

Komentar